Ini dia, Toyota bZ4X, sebuah kendaraan listrik pertama dari Toyota!

[MPBI] Toyota bZ4X Resmi Menyapa Indonesia, Dibanderol 1,190 Miliar!

Otomotif 10 Nov 2022

Mengawali kejutan kendaraan elektrifikasi Toyota Indonesia di bulan November, PT. Toyota Astra Motor resmi memboyong kendaraan BEV pertama mereka yakni Beyond Zero 4X (atau dikenal sebagai bZ4X). Model pertama dari seri Beyond Zero ini merupakan penantang serius dari Toyota untuk melawan mobil listrik Hyundai seperti Hyundai IONIQ 5.

Mobil yang juga turut meramaikan gelaran Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang diselenggarakan di Bali pada pertengahan November ini dibekali dengan dua opsi motor listrik (yang dijual secara global). Opsi penggerak FWD hadir dengan satu mtor listrik bertenaga 201 hp atau 204 PS, sementara opsi penggerak AWD hadir dengan dua motor listrik yang masing-masing bertenaga 107 hp atau 109 PS (yang artinya dapat mengeluarkan tenaga 215 hp atau 218 PS).

Sayangnya, bZ4X yang dimasukkan TAM ke Indonesia merupakan varian dengan motor listrik tunggal bertenaga 201 hp dan torsi 266 Nm saja.

Kedua opsi motor listrik ini menyalurkan tenaganya ke dua roda depan atau ke semua roda dengan transmisi BluE Nexus eAxle dan dibekali baterai panasonic 71.4 kWh atau CATL 72.8 kWh. Baterai ini sanggup dipakai untuk berkendara sepanjang 460-530 km mengikut WLTC.

Toyota bZ4X juga dibekali dengan pelbagai fitur canggih semisal Toyota Safety Sense 3.0 yang mencakup radar cruise control, lane tracing assist, safety exit assist dan lain sebagainya, fitur autonomous parking, panoramic sunroof dan T-Intouch. Mobil ini dibanderol seharga Rp 1,190 miliar OTR Jakarta dengan garansi baterai 8 tahun atau 160.00 km.

Nah setelah bZ4X ini, Toyota Indonesia masih punya satu kejutan lagi yang akan hadir tak lama setelah peluncuran bZ4X. So, apakah kedua kejutan dari Toyota Indonesia ini menarik untuk kalian? ceritakan pendapatmu di kolom komentar!

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja