[Fokus] #BTRBandParody, Ekspresi Kessoku Band dalam Berbagai 'Kemasan' Band Sungguhan

Fokus 12 Nov 2022
Hai, MedForians!

Anime musim gugur seperti biasa selalu disebut-sebut sebagai musim wajib nonton dengan berbagai judul anime yang tayang sejak Oktober, sebut saja Chainsaw Man, Spy x Family Cour 2, Beast Tamer, Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute! dan masih banyak lagi.

Namun bagi saya (dan juga beberapa otaku yang setuju dengan saya), Bocchi The Rock! adalah judul anime yang sangat menarik perhatian otaku yang menyukai cute girls doing cute things, 'oasis' bagi pecinta genre music sejak era K-ON!, serta tentu saja sang heroine - Hitori Gotou yang 'dipuja-puja' sangat mewakili para otaku introvert yang takut bersosialisasi, maupun para music nerd yang terkagum dengan bakatnya Hitori.

Baca Juga: [First Impression] Bocchi The Rock!

Saya tidak akan bercerita lebih lanjut bagaimana impresi terhadap anime Bocchi The Rock! (saya singkat menjadi BTR dari sekarang) karena tentu saja sudah saya tulis, namun apa yang saya tulis kali ini adalah bagaimana kepopuleran dari BTR sendiri telah melahirkan sebuah tren baru dari komunitas otaku Indonesia.

Bagaimana kalau Bocchi cs diparodikan sebagai band lain di dunia nyata?

Keunikan dari BTR serta Bocchi cs dalam bentuk Kessoku Band yang memiliki 'charm' tersendiri dari masing-masing anggota sepertinya telah menginspirasi dari para otaku dan music nerds untuk mengekspresikan Kessoku Band dalam berbagai band sungguhan di dunia nyata. Disinilah muncul trending #BTRBandParody.

Uniknya, trending #BTRBandParody pertama kali muncul bukan di Twitter, melainkan dari postingan Facebook bernama Fajar Ekka Setiawan yang memparodikan Kessoku Band dalam cover album dari Peterpan.

Benar saja, postingan tersebut langsung viral karena karakter para anggota Kessoku Band yang dirasa begitu cocok untuk diparodikan dalam berbagai album dari musisi ternama, dan lahirlah trending #BTRBandParody sampai menjalar ke Twitter.

Lahir Sebagai 'Parodi' dari Band J-Rock Terkenal

Jika kalian terpikir bahwa Kessoku Band mulai viral di kalangan pecinta anime karena parodi, maka kalian tidaklah salah, meskipun 'akarnya' lebih dalam daripada itu.

Sebenarnya dari tren ini para otaku dan music nerd sadar bahwa Kessoku Band sendiri lahri dengan inspirasi dari band sungguhan, setidaknya menurut dari sang author-nya, Hamaji Aki-sensei.

Berdasarkan interview oleh situs Comic Space, Aki-sensei mengatakan bahwa nama personel dari Kessoku Band sendiri merupakan parodi dari para anggota band ASIAN KUNG-FU GENERATION. Bahkan ulang tahu dari setiap anggota sebenarnya dibalik dari ulang tahun dari setiap anggota band J-Rock tersebut.

Kalau kita telaah dari setiap chapter manga BTR, kalian akan menyadari bahwa Aki-sensei juga memberikan referensi dari berbagai band Jepang yang diparodikan oleh Kessoku Band sendiri seperti Kana-Boon, CreepHyp, Sakanaction, dan masih banyak lagi. Salah satu yang paling dikenal adalah parodi dari salah satu lagu ASIAN KUNG-FU GENERATION, "Rewrite" yang lebih dikenal sebagai lagu pembuka dari anime original dari Full Metal Alchemist, dan masih banyak lagi.

Melihat BTR sendiri sudah diparodikan duluan oleh sang mangaka, maka tidak heran para artist otaku tentu mengikuti dengan versi parodinya sendiri, walaupun mereka lebih terfokus pada cover album atau single daripada dari MV seperti caranya Aki-sensei, tapi konteksnya tetap sama jadi tetap ada 'benang merahnya' disini.

Jadi sampai kapan trending ini berlanjut? Paling amannya selama anime BTR tayang selama musim gugur ini, setidaknya sampai menjelang musim dingin tiba. Apalagi tren yang awalnya di Facebook oleh para artist otaku di Indonesia pun mulai 'menular' ke netizen luar negeri dengan versi mereka sendiri, termasuk Jepang, lho. Masih banyak lagi berbagai cover album yang diparodikan oleh BTR tapi rasanya saking banyaknya saya tidak bisa menampung itu semua dalam satu artikel ini.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)