Pixiv Perbarui Kebijakan Layanan dan Transaksi untuk Konten 'Yabai'

Kreasi 18 Nov 2022

Kalian adalah seniman atau artist yang menjadikan fanart sebagai mata pencaharian? Maka platfrom fanart Pixiv adalah pilihan pertama bagi para seniman. Semuanya lebih kepada kebebasan yang diberikan untuk membagikan atau menjual karya sendiri dalam berbagai genre, tidak terkecuali genre R-18 yang tentu saja 'yabai'.

Namun, akhir-akhir ini Pixiv mengeluarkan kebijkakan baru yang mungkin membuat para seniman berpikir dua kali, apakah itu?

Kebijakan Layanan dan Transaksi Baru

Pada tanggal 15 November 2022, Pixiv Inc. memberikan pengumuman mengenai pembaruan ketentuan penggunaan dan layanan untuk transaksi tertentu. Pixiv Inc. akan memperbarui ketentuan dan layanan pada tanggal 15 Desember 2022. Pembaruan mencangkup untuk BOOTH, pixivFANBOX, dan layanan Pixiv Requests.

ini adalah pembaruan yang sangat penting, jadi kami menjelaskannya terlebih dahulu kepada semua pengguna kami, dan kami meminta pengguna kami untuk mengambil tindakan yang sesuai

Pelarangan Sejumlah Genre Tertentu di Pixiv

Sumber: Pixiv

Banyak transaksi yang terjadi di BOOTH, pixivFANBOX, dan layanan Pixiv Requests. Beberapa ditemukan melanggar ketentuan penggunaan pixiv. Article 14 "Prohibited Conduct", Item 26 berbunyi sebagai berikut

"Menggunakan Layanan untuk menampilkan, menjual, membeli, mendaftar, atau terlibat dalam transaksi lain yang melibatkan produk yang ditetapkan dibawah ini".
  • Eksploitasi seksual minor
  • Hubungan intim sedarah
  • Hubungan intin dengan binatang
  • Pemerkosaan atau perilaku seksual menyimpang
  • Mutilasi atau bagian tubuh tertentu

Mulai Diterapkan 15 Desember Mendatang

Lebih lanjut, Pixiv memberikan waktu sampai 14 Desember mendatang untuk para artis menelurusi kembali karya atau fanart yang dianggap melanggar ketentuan yang dijelaskan sebelumnya untuk diset sebagai konsumsi pribadi, kemudian kebijakan tersebut akan berlaku mulai 15 Desember 2022 mendatang.

Kami akan memperbarui pasal 14 ayat 26, untuk mengklarifikasi standar untuk item dan konten yang termasuk dalam transaksi yang dilarang. Ketentuan penggunaan dan layanan yang diperbarui akan di umumkan pada akhir November, dan mulai berlaku sepenuhnya pada 15 Desember

Pixiv akan mulai memberikan tindakan tegas bagi para artist yang masih 'membandel' dengan penjualan konten terlarang dengan penangguhan karya itu sendiri, hingga penunggahan akun Pixiv yang bersangkutan.

Nah, mungkin bagi yang selalu membagikan karya fanart ke Pixiv harus berpikir dua kali jika ingin menggunakan platfrom Pixiv untuk lebih dari sekedar hobi, namun juga sebagai mata pencaharian.

SSumber: Pixiv

Tag