Elon Musk Klaim Percobaan Manusia untuk Neuralink Dimulai 2023 Mendatang

Teknologi 1 Des 2022

Dikutip dari The Verge - Dalam acara "Show and Tell" pada hari Rabu, Elon Musk mengatakan bahwa Neuralink, dapat menanamkan salah satu perangkat di kepala sesorang dalam waktu enam bulan kedepan - yang bearti itu tidak terjadi di tahun ini.

Sumber: https://youtu.be/btWKkjbX-uc

Selama presentasi, Musk mengatakan bahwa perusahaannya telah menyerahkan sebagian besar dokumen yang diperlukan untuk uji klinis ke Food and Drug Administration (FDA) bisa dibilang BPOM di Amerika Serikat. Sebelumnya, Musk mengatakan bahwa dia berharap uji coba pada tahun 2022 namun pada akhirnya akan meluncur pada tahun 2023.

Tujuan Neuralink adalah menciptakan perangkat yang dapat ditanamkan di otak dan dapat mengontol komputer dengan aktivitas otak. Dalam video diatas Neuralink merilis video yang menunjukan seekor monyet yang "mengetik" frasa 'can i please have snack' dengan menggunakan perangkat yang tertanam pada monyet tersebut.

Sumber: https://youtu.be/btWKkjbX-uc

Perangkat Neuralink itu sendiri berukuran sangat kecil, dengan beberapa "benang" fleksibel yang dapat dimasukan kedalam otak. "Ini seperti mengganti sepotong tengkorak anda dengan jam tangan pintar, karena tidak ada analogi yang lebih baik" kata Musk.

Sumber: https://youtu.be/btWKkjbX-uc
Sumber: https://youtu.be/btWKkjbX-uc
Sumber: https://youtu.be/btWKkjbX-uc
Sumber: https://youtu.be/btWKkjbX-uc

Alasan untuk ahli bedah robot turun ke seberapa kecil mereka benang-benang itu. "Bayangkan mengambil sehelai rambut dari kepala Anda dan memasukkannya ke dalam jello yang ditutupi oleh bungkus saran, melakukannya dengan kedalaman dan presisi yang tepat, dan melakukannya 64 kali dalam waktu yang wajar," kata Christine Odabashian, pemimpin tim penyisipan perangkat keras Neuralink.

Acara ini sebagian besar merupakan presentasi teknis perangkat, menampilkan bagaimana sistem dibangun, tantangan yang dihadapi tim, bagaimana teknologi telah meningkat sejauh ini, dan perkembangan apa yang akan datang berikutnya. Para peneliti di perusahaan mengatakan bahwa mereka sedang mengembangkan perawatan yang dapat membantu meningkatkan atau memulihkan penglihatan, atau memulihkan gerakan pada orang dengan kelumpuhan. Di sisi teknologi, perusahaan memiliki ambisi untuk memastikan bahwa perangkat itu sendiri dapat ditingkatkan dengan mudah.

Sumber: The Verge

Tag