(kiri-kanan) Hans Patuwo-Direktur GoTo, Head of Payments and Financial Services. Wishnutama-Komisaris GoTo. Andre Soelistyo-CEO GoTo.

Goto Dan Transjakarta Berkolaborasi, Hadirkan GoPay Sebagai Opsi Pembayaran

Teknologi 14 Des 2022

Transjakarta dan GoTo, dua andalan warga Jakarta dalam bermobilitas, bersinergi guna meningkatkan kemudahan dan kenyamanan perjalanan masyarakat melalui transportasi publik terintegrasi.

Sinergi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara GoTo dan Transjakarta yang berlangsung pada 13 Desember 2022, di Halte CSW Jakarta. Menyusul ditandatanganinya MoU tersebut, kolaborasi GoTo dan Transjakarta pada tahap awal ditandai dengan terintegrasinya GoPay dengan aplikasi Tije.

GoPay sebagai layanan dompet elektronik dari GoTo Financial yang paling banyak digunakan di Indonesia, akan tersedia sebagai opsi pembayaran di aplikasi mobile TiJe, sebuah platform digital untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna Transjakarta, seperti membeli tiket hingga mendapatkan informasi rute dan halte. Pembayaran nontunai dengan GoPay di aplikasi TiJe dapat dilakukan mulai Januari 2023.

“Masyarakat Jakarta memiliki tingkat mobilitas tinggi yang semakin mendekati kondisi sebelum pandemi. Harapan kami, kolaborasi ini semakin meningkatkan kemudahan masyarakat dalam menikmati mobilitas yang cepat, aman dan didukung transaksi non tunai terintegrasi dari GoPay dan layanan Tije. Kami berharap ke depannya integrasi antara Tije dan GoTransit akan memenuhi kebutuhan masyarakat dan dapat membantu pemerintah mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas Jakarta.” ujar CEO GoTo, Andre Soelistyo

Andre juga menambahkan bahwa kolaborasi ini juga merupakan langkah lanjutan komitmen pihak GoTo dalam mewujudkan ekosistem transportasi publik yang mudah dan nyaman sehingga menjadi pilihan masyarakat dalam bepergian. Sementara itu

"Dengan kolaborasi ini visi Transjakarta untuk menghubungkan kehidupan Jakarta dapat semakin diperluas melalui pilihan moda transportasi yang lebih banyak serta cara pembayaran yang lebih mudah." ujar Direktur Utama Transjakarta, Yana Aditya

Yana juga mengatakan nota kesepahaman yang segera diikuti dengan beberapa langkah lanjutan ini akan dapat meningkatkan jumlah pelanggan yang pada akhir tahun ini telah mencapai lebih dari 800 ribu per hari.

Mobilitas masyarakat perkotaan yang tinggi mengingatkan akan pentingnya kolaborasi dan integrasi dengan berbagai pihak termasuk pelaku industri teknologi seperti GoTo dengan GoPay sebagai solusi keuangan digitalnya, dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan khususnya kemudahan mobilisasi dan bertransaksi.

Keselarasan visi dan komitmen inilah yang mendorong kolaborasi di antara dua kekuatan besar di sektor transportasi dan teknologi ini. Selain memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran, kolaborasi GoPay dan Transjakarta melengkapi kerja sama strategis GoPay lainnya dengan sejumlah layanan transportasi umum di berbagai kota seperti Kereta Commuter Indonesia, MRT Jakarta, Bus Trans Pakuan Bogor, Trans Semarang, hingga Blue Bird.

Kerja sama dengan berbagai transportasi publik terbukti telah meningkatkan transaksi GoPay untuk layanan mobilitas sebesar lebih dari 4x lipat sejak Januari hingga November 2022.

Tidak berhenti di sini, bentuk kolaborasi lainnya dari GoTo dan Transjakarta juga akan segera diperkenalkan, untuk menawarkan lebih banyak kemudahan bagi pengguna Transjakarta, antara lain untuk membeli tiket Transjakarta melalui fitur GoTransit di aplikasi Gojek.

GoTransit merupakan inovasi yang telah memperkuat Gojek sebagai penghubung multimoda transportasi publik, khususnya masyarakat dari berbagai wilayah sekitar Jakarta, untuk mempermudah mobilitas agar perjalanan lebih mudah dan efisien.

Tentang GoTo

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Grup GoTo) adalah ekosistem digital terbesar di Indonesia. Misi GoTo adalah untuk “mendorong kemajuan” dengan menawarkan infrastruktur teknologi dan solusi bagi semua orang untuk mengakses dan berkembang dalam ekonomi digital.

Ekosistem GoTo terdiri dari layanan on-demand (mobilitas, pesan antar makanan dan logistik), e-commerce (marketplace pihak ketiga + official store, instant commerce, interactive commerce dan rural commerce), serta financial technology (pembayaran, layanan keuangan dan solusi teknologi untuk pedagang) melalui platform Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial.

Tentang Transjakarta

Resmi beroperasi sejak 2004, Transjakarta adalah sebuah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan dengan jalur lintasan terpanjang di dunia (208 km). Sistem BRT didesain berdasarkan sistem TransMilenio di Bogota, Kolombia.

Transjakarta dirancang sebagai moda transportasi massal untuk mendukung aktivitas masyarakat Ibukota Jakarta yang padat. Di tahun 2014, Transjakarta berubah status menjadi bentuk BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) dan resmi berganti nama menjadi PT. Transportasi Jakarta.

Berbagai inovasi terus diluncurkan Transjakarta untuk menciptakan layanan transportasi yang terintegrasi dan inklusif untuk seluruh masyarakat. Saat ini, Transjakarta beroperasi selama 24 jam dengan 260 halte yang tersebar dalam 13 koridor.

Tag