Ulang Tahun Bapak Video Game Jerry Lawson Diabadikan oleh Google Doodle

Kreasi 1 Des 2022

Google memiliki kebiasaan untuk merayakan sosok insipratif di seluruh dunia melalui Google Doodles. Hari ini, Gerald Jerry Lawson menjadi sosok terbaru yang diabadikan dalam Doodles kali ini.

Jerry Lawson - Bapak Video Game Modern

Sumber: Google

Seperti biasa, jika kalian mengunjugi situs Google, kalian akan mendapati sesosok pria yang memainkan games, lengkap dengan mini-games yang bisa dimainkan jika di-klik, sekaligus informasi mengenai terkait Gerald Jerry Lawson, yang dikenal sebagai "Bapak Video Game Modern". Oh iya, doodle tersebut juga menyediakan lima game lainnya oleh Davionne Golden, Lauren Brown, dan Momo Pixel sebagai bentuk apresiasi terhadap Jerry Lawson.

Nah, bagaimana kalau kalian yang 'ngaku' sebagai gamer namun tidak tahu beliau yang satu ini? Tenang saja, kali ini saya akan menjelaskannya untuk kalian semua.

Jerry Lawson atau Gerald Anderson Lawson lahir pada tanggal 1 Desember 1940 di Brooklyn, New York, AS. Sejak kecil, Gerard memiliki ketertarikan terhadap elektronik, dimana dia berhasil mendirikan stasiun radio pribadi miliknya pada usia 13 tahun.

Perjalanan karir Jerry Lawson dimulai pada tahun 1970 ketika dia diterima kerja di Fairchild Semiconductor sebagai Engineering Consultant pada divisi sales. Lalu pada tahun 1976, beliau menjadi Chief Hardware Engineer dari Fairchild Channel F yang dirilis pada tahun yang sama sebagai konsol game pertama dengan dukungan cartridge.

Walaupun konsolnya sendiri tidak terlalu sukses, namun konsepnya ditiru Atari, Super Nintendo Entertainment System (SNES), Dreamcast, dan lainnya, sampai akhirnya beliau dijuluki “Bapak Video Game Modern”.

Atas jasanya tersebut, Lawson mendapat penghargaan sebagai pelopor industri atas karyanya pada konsep kartrid game oleh International Game Developers Association (IGDA).

Sayangnya, sosok inspiratif tersebut tutup usia pada bulan April 2011, sebulan setelah penghargaan tersebut akibat komplikasi dari diabetes yang dideritanya sejak tahun 2003.

Sebagau bentuk mengenang Jerry Lawson, Google pun merilis video tentang beliau yang bisa kalian lihat berikut ini.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)