Pengumuman peluncuran MIUI 14 (Sumber: Xiaomi)

Xiaomi Resmi Luncurkan Sekaligus Pamerkan Fitur-Fitur Baru MIUI 14!

Teknologi 15 Des 2022

Sudah 12 tahun sejak peluncuran pertama MIUI pada tahun 2010, di peluncuran resmi Xiaomi 13 series kemarin Xiaomi juga mengumumkan kehadiran MIUI 14 beserta fitur-fitur yang dimilikinya.

Xiaomi mengatakan ini adalah MIUI yang paling dioptimalkan dan disederhanakan hingga saat ini dimulai dengan Project Razor.

Tim di balik MIUI 14 memperbarui arsitektur sistem pada tingkat Kernel Android dengan CPU, GPU, dan penjadwalan sumber daya memori, ukuran firmware sistem yang lebih ringan, dan pengurangan penggunaan memori.

Fitur Baru yang Ditawarkan MIUI 14

Xiaomi mengklaim MIUI 14 berjalan 60% lebih lancar dibandingkan pendahulunya pada Xiaomi 12S Ultra.

Optimalisasi lainnya termasuk kompresi otomatis untuk aplikasi yang tidak digunakan secara aktif dan toggle untuk mematikan notifikasi secara permanen.

Hanya delapan aplikasi sistem yang tidak dapat dihapus instalannya, yang merupakan lompatan besar dari rilis MIUI sebelumnya.

Desain MIUI 14 menampilkan folder yang dapat disesuaikan dengan ikon normal dan besar serta opsi widget baru dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Salah satu tambahan baru yang tidak terduga di MUI 14 adalah the flowers and pets widgets yang merupakan animasi karakter mirip Tamagotchi yang hidup di layar berpengguna.

MIUI 14 juga menghadirkan penggabungan file duplikat dan peningkatan pengenalan teks dan ekstraksi dari gambar di galeri.

Privasi juga dirombak dengan enkripsi end-to-end dan pemrosesan data pengguna lokal di perangkat.

MIUI 14 juga memiliki toggle baru di pusat kendali yang memungkinkan pengguna dapat menetapkan aksesori Xiaomi seperti earbud nirkabel di antara perangkat Xiaomi melalui drag and drop.

toggle pairing perangkat Xiaomi

Fitur ini akan menghilangkan kerumitan memasangkan earbud ke perangkat lain.

Kemudian fungsi dari family account yang baru memungkinkan pengguna berbagi foto dan layanan langganan cloud hingga dengan 9 orang.

Interface family account

Pengguna juga dapat membagikan data pelacakan kesehatan mereka dari smart watch mereka untuk membantu pelacakan kesehatan anggota keluarga.

Tablet Xiaomi lebih mudah untuk melakukan switching keyboard dan mouse dengan laptop serta screen mirroring dan fungsi tampilan yang diperluas.

Daftar Perangkat Xiaomi yang Akan Mendapatkan MIUI 14

Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro akan menjadi perangkat pertama yang diluncurkan dengan MIUI 14 pada 14 Desember. Xiaomi juga membagikan jadwal pembaruan resminya untuk China yang mencakup perangkat berikut:

January 2023

· Xiaomi 12S Ultra

· Xiaomi 12S Pro

· Xiaomi 12S

· Xiaomi 12 Pro

· Xiaomi 12 Pro Dimensity Edition

· Xiaomi 12

· Xiaomi Mix Fold 2

· Redmi K50 Pro

· Redmi K50

· Redmi K50 Ultra

· Redmi K50 Gaming Edition

April 2023

· Xiaomi Pad 5 Pro 12.4

· Xiaomi Pad 5 Pro

· Xiaomi Pad 5

· Redmi Pad

Tag