Rumor: Apple Batalkan Perilisan iPhone SE 4?

Teknologi 10 Jan 2023

Dilansir dari MacRumors - Apple telah memberi tahu bahwa mereka telah membatalkan rencana untuk merilis iPhone SE generasi keempat pada tahun 2024 mendatang, menurut sang analis Ming-Chi Kuo.

Kuo sebelumnya mengatakan bahwa iPhone SE generasi keempat akan dibatalakan atau ditunda, tetapi dia sekarang sangat menyakini bahwa iPhone SE generasi keempat tersebut telah dibatalkan.

Dalam sebuah postingan medium, Kuo mengatakan bahwa Apple berencana untuk memperkenalkan chip 5G tertanam di perangkat iPhone SE generasi keempat tersebut, tetapi itu jelas tidak lagi diharapkan karena perangkat tersebut tampaknya dibatalkan.

Sebagai gantinya, Kuo mengatakan kemungkinan Appple akan terus bekerjasama dengan Qualcomm untuk chip 5G pada tahun 2024, termasuk seri iPhone 16 mendatang. Kuo mengatakan bahwa Apple berencana untuk menguji chip 5G untuk iPhone SE generasi keempat sebelum meluncurnya iPhone 16 untuk memastikan bahwa kinerjanya dapat diandalkan.

Karena kekhawatiran bahwa kinerja chip baseband in-house mungkin tidak setara dengan Qualcomm, Apple awalnya berencana untuk meluncurkan chip baseband-nya pada tahun 2024 dan membiarkan iPhone SE 4 kelas bawah mengadopsinya terlebih dahulu, dan memutuskan apakah akan membiarkan iPhone 16 menggunakan chip baseband-nya tergantung pada status pengembangan iPhone SE 4. Namun, pembatalan iPhone SE 4 telah secara signifikan meningkatkan peluang Qualcomm tetap menjadi pemasok eksklusif chip baseband untuk seri iPhone 16 baru 2H24, yang lebih baik daripada konsensus pasar bahwa Qualcomm akan mulai kehilangan pesanan iPhone pada tahun 2024

iPhone SE generasi ketiga dirilis Maret lalu dan menampilkan modem Snapdragon X57 Qualcomm untuk 5G. Model iPhone 15 diharapkan menggunakan modem Snapdragon X70, sedangkan model iPhone 16 mungkin menggunakan Snapdragon X75 yang belum diumumkan.

Sumber : MacRumors

Tag