Subaru WRX : Sang Legenda Rally Dunia (Subaru Indonesia)

IIMS 2023 : Mobil Ikonik Subaru WRX Kini Hadir Kembali di Indonesia!

Otomotif 16 Feb 2023

Siapa yang tak kenal dengan Subaru WRX, mobil sedan yang cukup ikonik di kancah otomotif dunia terutama di bidang motorsport rally. Dan kini, generasi terbaru Subaru WRX hadir kembali di pasar otomotif Indonesia lewat gelaran IIMS 2023.

Dan tak hanya WRX versi sedan yang bergaya crossover saja yang didatangkan Plaza Subaru ke Indonesia, bahkan WRX versi atap panjang a.k.a WRX Wagon pun turut dihadirkan. Lantas seperti apa mobil yang dijual mulai dari 849-949 juta untuk varian Sedan dan 975,5 juta hingga 1,029 miliar untuk varian Wagon ini?

Mesin Boxer dan Symmetrical AWD

Bukan Subaru WRX jika ia tidak membawa dua hal ikonik di mobil ini : Mesin Boxer dan Symmetrical AWD. Dan di generasi baru yang di bawa ke Indonesia ini, WRX dihadirkan dengan mesin 2.400cc empat silinder boxer dengan turbo (kami suka turbo - motomobi) bertenaga 275 PS dan 350 Nm of Torque, yang sanggup melesat dari 0-100 kpj dalam 6 detik!

Subaru Symmetrical AWD (Subaru Indonesia)

Dan tentu, karena ini Subaru, maka tenaga 275 PS ini disalurkan ke keempat roda berkat teknologi Symmetrical AWD yang cukup ikonik melalui transmisi manual dan CVT. Ya, kalian tidak salah dengar, mobil dengan tenaga besar ini punya opsi transmisi CVT, tapi CVT nya ini dirancang khusus agar bisa sesuai untuk mesinnya yang cukup kencang.

Desain yang Masih WRX Banget

Sama seperti WRX generasi sebelumnya, ada beberapa kekhasan ala WRX yang masih dipertahankan di generasi ini. One of them adalah hood scoop yang khas banget dengan WRX.

Subaru WRX Sedan (Subaru Indonesia)

Dan hal yang bagi sebagian orang adalah hal yang kontroversial dari desain WRX generasi baru ini adalah adanya overfender di varian sedannya. Memang, konsep dari WRX di generasi baru adalah sedan yang menjelema menjadi crossover style, meskipun di varian wagonnya malah tidak ada overfender yang membuatnya jadi lebih clean.

Subaru WRX Wagon (Subaru Indonesia)

Terlepas dari overfender ini, desain Subaru WRX ini cukup sporty dan gagah di waktu yang bersamaan. Berkat desain fascia depan yang khas Subaru kekinian, desain belakang yang sporty banget berkat diffuser belakangnya serta interiornya yang juga sporty meskipun head unit vertikal-nya bukan favorit semua orang.

Fitur Lainnya

Ada berbagai fitur lain yang dihadirkan Subaru WRX ini, misal Subaru EyeSight di semua varian Subaru WRX bertransmisi otomatis, Vehicle Dynamic Control, Active Torque Vectoring, Auto Vehicle Hold, Hazard Avoidance, Driver Monitoring System dan lain sebagainya. Selain itu, ada head unit vertikal dengan Subaru StarLink, cruise control, drive mode khas Subaru serta beberapa perintilan khas STI di beberapa varian dari WRX dan WRX Wagon.

Interior Subaru WRX (Subaru Indonesia)

Overall, dengan harga mulai dari 849 jutaan, Subaru WRX dan WRX Wagon adalah mobil yang dirancang khusus untuk kalian yang suka sama dunia rally dan suka sama Subaru WRX, teknologi AWD dan mesin Boxer Subaru yang cukup melegenda di dunia otomotif. Dengan pengalaman Subaru yang sudah teruji dari tahun ke tahun, sepertinya mobil ini bisa membuat kalian full senyum akan performa dan sensasi berkendara khas Subaru.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja