Suzuki All New Grand Vitara : Sang Legenda yang Terlahir Kembali (Suzuki Indomobil)

IIMS 2023 : Suzuki Grand Vitara Kini Terlahir Kembali, Hadirkan Panoramic Sunroof dan Mesin Mild Hybrid!

Otomotif 16 Feb 2023

Suzuki Grand Vitara merupakan salah satu mobil yang cukup melegenda di lini Suzuki Indonesia. Mobil yang sempat berhenti dipasarkan di tahun 2018 ini kini terlahir kembali sebagai pengganti Suzuki SX4 S-Cross di beberapa negara termasuk India.

Suzuki Grand Vitara 2023 (Suzuki Indomobil)

Di gelaran IIMS 2022 hari ini, Suzuki Grand Vitara "Reborn" ini akhirnya menyapa tanah air dengan berbagai fitur menarik di dalamnya. Termasuk diantaranya mesin Mild Hybrid dan berbagai fitur lain.

Hadirkan Mesin Mild Hybrid

Sama seperti Ertiga yang hadir dengan mesin mild hybrid, Suzuki Grand Vitara hadir dengan mesin mild hybrid 1500cc K15C DualJet bertenaga 102 hp + 3 hp dari sistem mild hybrid-nya dengan 132-137 Nm of torque. Seperti yang kita tahu, sistem mild hybrid di Grand Vitara ini tidak bisa disamakan dengan sistem Hybrid di Almaz Hybrid atau di Kijang Innova Zenix, karena sistem Mild Hybrid yang Suzuki namakan Suzuki Smart Hybrid ini memanfaatkan baterai untuk sistem auto start stop layaknya di motor-motor Honda seperti BeAT dengan ISS (Idling Start Stop).

Mesin K15C dengan Mild Hybrid (Suzuki Indomobil)

Selain itu, sistem mild hybrid ini juga memberikan sedikit assist dalam akselerasi sehingga mesin bekerja lebih efisien dan dapat menghasilkan konsumsi BBM yang cukup irit. BTW, mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi 6 percepatan otomatis ke dua roda depan dan di India, ia juga dihadirkan dalam opsi penggerak empat roda.

Sayangnya, mesin strong hybrid hasil kolaborasi Suzuki dan Toyota seperti yang ada di Grand Vitara spek India tidak dihadirkan di Grand Vitara spek Indonesia. Padahal, dengan mesin strong hybrid tersebut bisa membuat Grand Vitara bisa menempuh perjalanan dari Delhi ke Mumbai hanya dengan sekali mengisi bensin secara penuh.

Fitur Kompetitif, Ada Panoramic Sunroof Pula!

Sebagai penantang serius dari kelas crossover SUV dibawah 500 jutaan, Grand Vitara punya segudang fitur yang cukup kompetitif di kelasnya. Misal hadirnya panoramic sunroof, head unit besar 9 inch (dan ini OEM dari pabrikan, jarang-jarang loh, Suzuki!), cruise control, paddle shift, head up display, pengisi daya nirkabel, Kamera 360 dan panel instrumen dengan TFT MID. Sayang, fitur safety nya hanya sebatas Electronic Stability Program (ESP), ABS, EBD, BA, Hill Hold Control, dan 6 Airbag alias tidak ada fitur ADAS seperti pesaing di kelasnya.

Meskipun begitu fitur di Grand Vitara ini cukup lengkap untuk sebuah mobil yang diimpor dari India. Dan BTW, Grand Vitara ini hadir dalam dua varian yakni GL dan GX dengan harga yang belum dirilis saat artikel ini ditulis.

Jadi, bagaimana menurut kalian soal sang legenda yang terlahir kembali ini?

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja