Chery Omoda 5, Penantang Honda HR-V RS dengan harga yang lebih murah (Foto oleh Dio Puja Altha)

IIMS 2023 : Tantang Honda HR-V RS, Chery Hadirkan Omoda 5 Dengan Harga Spesial!

Otomotif 19 Feb 2023

Honda HR-V RS merupakan Crossover SUV dengan mesin turbo yang cukup populer di pasar otomotif Indonesia, namun ia dibanderol di harga 1/2 miliar sehingga orang yang memiliki budget dibawah 500 juta justru memilih HR-V SE non turbo. Hal ini membuat Chery berani menantang Honda HR-V SE dan RS dengan menghadirkan Chery Omoda 5 yang dijual dengan harga yang mirip dengan kelas Honda HR-V SE dengan fitur yang sekelas HR-V RS!

Ya, Chery mematok Omoda 5 dengan harga spesial selama IIMS 2023 yakni mulai dari 328 juta untuk varian Z dan 398 juta untuk varian RZ. Bahkan harga finalnya nanti sudah diberi "kisi-kisi" oleh pihak Chery, dimana nanti varian Z akan dipatok seharga 380 juta dan varian RZ dipatok seharga 450 juta alias lebih murah 50+ juta dibandingkan HR-V RS yang dijual di angka 500 jutaan.

Harga Lebih Murah, Desain Lebih Nyentrik

Salah satu selling point dari Chery Omoda 5 adalah desain yang mengusung filosofi Art in Motion. Dengan desain yang cukup nyentik nan futuristik, Chery Omoda 5 terlihat lebih atraktif yang juga didukung oleh aksen merah di beberapa tempat.

Bagian belakang Chery Omoda 5 yang terlihat futuristis nan cakep (Foto oleh Dio Puja Altha)

Termasuk juga di dalam kokpitnya, kokpit Omoda 5 dibuat lebih simpel nan futuristik dengan hadirnya tombol sentuh serta dua layar yang menampilkan panel instrumen dan infotainment system. Dengan desain luar dalam yang ciamik nan artistik, orang bakal mengira bahwa Omoda 5 dijual lebih mahal dari HR-V RS, walaupun ia dijual 50 juta lebih murah dari HR-V RS.

Dashboard Chery Omoda 5 (Foto oleh Dio Puja Altha)

Mesin Sesuai Harganya, tapi Bisa Sepadan

Sesuai dengan harganya yang lebih murah 50 juta, tenaga dari Omoda 5 ini secara angka memang sedikit lebih kecil. Sama-sama menggendong 1.500cc turbo seperti HR-V RS, tapi tenaga Omoda 5 berada di 145 dk dan 230 Nm of torque, berbeda dengan HR-V RS yang punya tenaga 176 dk dan 240 Nm of torque.

Meskipun secara angka itu kecil, namun saat diuji oleh Fitra Eri di kanal Otodriver, Omoda 5 berhasil mencatatkan waktu dari 0-100 kpj hanya dalam 8.61 detik alias 0.1 lebih cepat dari Honda HR-V RS. Itu artinya, mesin Omoda 5 bisa sepadan dengan Honda HR-V RS.

Tenaganya sendiri disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi CVT dengan 9 percepatan virtual.

Fitur Lainnya Juga Kompetitif di Kelasnya

Diluar hal itu, Chery Omoda 5 punya fitur lain yang cukup kompetitif di kelasnya. Misal fitur keselamatan ADAS yang juga ada di rival utamanya, power back door, cooler seat, sound system dari Sony, kamera 360 derajat dan lain sebagainya.

Dengan harga yang lebih murah 50 juta dari rival utamanya, mampukah Omoda 5 bersaing dengan rival-rivalnya seperti HR-V RS/SE dan Hyundai Creta?

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja