Sumber Photo on Twitter: Reuters

Nokia Ubah Logo Ikoniknya sebagai Sinyal Fokus pada Bisnis Teknologi

Teknologi 27 Feb 2023

Nokia, perusahaan peralatan telekomunikasi asal Finlandia, telah mengumumkan rebranding merek pertamanya dalam hampir 60 tahun. Perusahaan tersebut juga merilis logo baru, sebagai bagian dari fokus strategisnya pada pertumbuhan agresif.

"Ada asosiasi dengan ponsel pintar dan saat ini kami adalah perusahaan teknologi bisnis," kata CEO Pekka Lundmark dalam wawancara dengan Reuters.

Perusahaan tersebut berfokus pada pertumbuhan agresif dan ingin menjual peralatan kepada bisnis selain layanan operator telekomunikasi. CEO Pekka Lundmark menyatakan bahwa Nokia ingin fokus pada bisnis teknologi dan telah mencatatkan pertumbuhan 21% pada bisnis perusahaan tahun lalu.

"Kami mencatatkan pertumbuhan 21% yang sangat baik tahun lalu di bisnis perusahaan, yang saat ini sekitar 8% dari penjualan kami, atau sekitar 2 miliar euro," kata Lundmark.

Perusahaan teknologi besar telah bermitra dengan produsen peralatan telekomunikasi seperti Nokia untuk menjual jaringan 5G swasta dan peralatan untuk pabrik otomatisasi kepada pelanggan, terutama di sektor manufaktur.

Nokia berencana untuk meninjau jalur pertumbuhan dari berbagai bisnisnya dan mempertimbangkan alternatif, termasuk di investasi.

"Sinyalnya sangat jelas. Kami hanya ingin berada di bisnis di mana kami dapat melihat kepemimpinan global," kata Lundmark.

Nokia yang beralih ke otomatisasi pabrik dan pusat data juga akan bersaing dengan perusahaan teknologi besar seperti Microsoft dan Amazon.

Meskipun pasar penjualan peralatan telekomunikasi sedang tertekan dengan lingkungan makro yang mengurangi permintaan dari pasar-margin tinggi seperti Amerika Utara, Nokia berharap pasar di Amerika Utara akan menjadi lebih kuat pada paruh kedua tahun ini. Sementara itu, India menjadi pasar yang tumbuh paling cepat dengan margin yang lebih rendah.

Sumber: Reuters

Tag

Reza Lyon Kurniawan

Saya suka perkembangan teknologi dunia, saya juga suka nonton animasi jepang kok hehehe