9 Tahun Menjabat, Susan Wojcicki Mundur dari Kursi CEO Youtube

Teknologi 17 Feb 2023

Pada 16 Februrari 2023, Susan Wojcicki resmi mundur dari posisinya sebagai Chief Executive Officer (CEO) dari platform berbagi video YouTube.

Dalam sebuah nota berjudul "Sebuah kabar pribadi dari Susan" yang dibagikan untuk para staf YouTube yang kemudian dirilis untuk publik, Susan menyebut keinginan untuk berfokus pada kehidupan pribadi, keluarga, dan kesehatan sebagai alasan utama keputusannya untuk mundur.

"Hari ini, setelah 25 tahun di sini, saya memutuskan untuk mundur dari posisi saya sebagai kepala dari YouTube dan membuka bab baru yang berfokus pada keluarga saya, kesehatan, dan proyek pribadi yang saya sukai."

Susan juga menulis sebuah pesan untuk para kreator YouTube di akun Twitter YouTube Creators yang berisi introspeksi selama karirnya di platform berbagi video tersebut dan berterima kasih atas segalanya selama waktunya menjabat.

"Dan terakhir, terima kasih atas segalanya selama bertahun-tahun (saya menjabat). Terima kasih untuk menyambut saya di studio anda, di rumah anda, dan di hidup anda. Terima kasih telah membiarkan saya menjadi bagian dari kisah-kisah luar biasa yang anda bagi dengan dunia."

Episode Baru YouTube dengan Pimpinan Baru

Neal Mohan (Sumber: Natarajan)

Di nota yang sama, Susan juga mengungkap sosok yang akan memimpin YouTube untuk masa yang akan datang.

Sosok tersebut adalah Neal Mohan. Sebelumnya, Neal Mohan telah menjabat sebagai Chief Product Officer YouTube, memimpin tim Trust and Safety, dan membantu meluncurkan berbagai fitur dan layanan baru YouTube seperti YouTube Music dan YouTube Premium.

"Dia (Neal) memiliki pemahaman yang luar biasa untuk produk kami, bisnis kami, komunitas kreator dan pengguna kami, dan para pegawai kami .... Neal akan menjadi pemimpin yang hebat untuk YouTube," tulis Susan Wojcicki.

Dengan pengumuman ini, 9 tahun kepemimpinan Susan di YouTube secara resmi berakhir.

Untuk saat ini, Susan akan tetap menjadi bagian dari Google dan Alphabet Company sebagai penasihat.

Tag

Ibrahim Gustav Amany

Doujin music and light novel fan.