Ini dia All New Agya! (Toyota Indonesia)

Toyota All New Agya Resmi Diperkenalkan, Hadirkan Sasis DNGA dan Berbagai Fitur Baru

Otomotif 13 Feb 2023

Pada gelaran yang diadakan di Bengkel Space SCBD pada 13 Februari hari ini, Toyota Astra Motor resmi memperkenalkan All New Agya yang sebasis dengan Perodua Axia dan Daihatsu Ayla baru yang akan meluncur pada 14 & 15 Februari besok. Hadir dengan sasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture), Agya baru hadir dengan berbagai perubahan yang signifikan dibanding Agya sebelumnya.

Punya Desain Yang Mirip Dengan Axia, yang Sudah Terlihat Bocorannya Sebelum Ini

Sebelum Agya baru ini resmi diperkenalkan ke publik, Perodua di Malaysia sempat merilis desain dari sang kembaran dari Agya, yaitu Perodua Axia sebelum mereka meluncurkannya pada 14 Februari besok. Mobil yang menjadi gambaran dari Agya dan Ayla baru ini hadir dengan bentuk yang berbeda total dibanding sebelumnya.

Perodua Axia Baru yang akan rilis 15 Februari besok (Paul Tan)

Dan seperti biasanya, sebagai mobil dengan satu platform tentu harus ada yang membedakan antara Agya, Axia dan juga Ayla. Misal fascia depannya yang menyesuaikan dengan bahasa desain keen look khas Toyota berbanding bahasa desain X face di Perodua.

Tak lupa, karena ini Toyota, ada varian dengan pendekatan sporty yang bernama GR Sport. Dan tentu di varian ini ada ornamen-ornamen khas Gazoo Racing dan berbagai fitur interior yang bakal kita bahas nanti di artikel ini.

Bicara soal interiornya, seperti yang sudah dibocorkan lewat Perodua Axia, Agya baru ini punya interior yang mirip dengan Raize. Tentunya dengan sedikit penyesuaian agar lebih pas ditempatkan di sebuah city car.

Dan khusus di varian GR Sport, Agya baru bakal punya instrumen kluster yang kurang lebih mirip dengan apa yang ada di Axia varian tertinggi, yakni berupa instrumen full digital dengan MID TFT 7 inchi. Sementara yang menarik lainnya, di video presentasi Agya baru terlihat bahwa fitur di AC nya cukup lengkap, namun kami belum bisa mengkonfirmasi apakah di versi produksi yang dipasarkan di Indonesia akan mendapat AC seperti itu berupa denga head unit OEM yang juga turut tampil di presentasi itu.

Soal Mesin, Transmisi dan Info Lainnya

Saat artikel ini ditulis, belum ada info soal mesin baru yang dipakai, beberapa fitur lain serta harga yang bakal menjadi poin menarik lainnya. Tapi yang baru kita dapat saat ini, Agya baru hadir dengan mesin tiga silinder yang punya tenaga yang jauh lebih baik dibandingkan mesin sebelumnya.

Ditambah, Agya baru hadir dengan transmisi D-CVT layaknya produk Toyota-Perodua-Daihatsu yang menggunakan sasis DNGA lainnya sehingga menghasilkan konsumsi BBM yang lebih irit ketimbang sebelumnya.

Dan bicara soal mesin, di Perodua Axia baru sudah dikonfirmasi bahwa ia masih menggunakan mesin 1.000cc tiga silinder yang menghasilkan 67 dk dan torsi 91 Nm. Namun ada wacana bahwa di Agya maupun di Ayla baru akan menggunakan mesin WA-VE 1.200cc milik Raize dan Rocky yang bisa menghasilkan 86–87 hp, dan juga opsi mesin Turbo yang sama dengan Raize dan Rocky, namun pihak Toyota sendiri belum me-reveal spek mesin apa yang bakal digunakan di Agya baru ini.

Oh iya khusus di varian GR Sport, ada beberapa hal menarik yang berbeda dibandingkan varian standarnya. Yakni bagian stir dan suspensi yang sudah di-tune agar berbeda dibandingkan Agya biasa.

Dan soal Harga, Toyota juga belum merilis kisaran harga dari Agya baru ini, mengingat di gelaran tersebut, Toyota baru memperkenalkan sosok baru Agya dari segi eksterior dan gambaran interior (untuk varian global) saja. Mungkin saja di gelaran IIMS 2023 yang akan digelar 3 hari lagi atau di Jakarta AutoWeek 2023, Toyota akan merilis beberapa detail dari All New Agya untuk spek Indonesia.

So, apakah pesaing utama dari mobil ini (Honda Brio) bakal ketar-ketir saat melihat rivalnya punya wajah baru setelah 10 tahun lamanya?

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja