Foto Product: Apex Storage X21

Apex Storage X21: Kartu PCIe 4.0 Terbaru yang Mampu Menampung 21 SSD M.2

Teknologi 16 Mar 2023

Apex Storage, produsen baru di industri penyimpanan data, baru saja meluncurkan produk terbaru mereka, Apex Storage X21. Produk ini adalah Add-In-Card (AIC) yang dapat menampung hingga 21 SSD M.2 2280 card interface PCIe 4.0. Dengan X21, pengguna dapat membangun konfigurasi penyimpanan dengan kapasitas hingga 168TB dan kecepatan hingga 31GB/s.

Perusahaan ini bermarkas di Utah dan berfokus pada produk AIC. Tim di balik produk ini terdiri dari Mike Spicer dan Henry Hill. Anda mungkin pernah mendengar nama Spicer karena ia telah meluncurkan Storage Scaler, kartu ekspansi yang dapat menampung hingga 16 SSD SATA M.2 pada tahun 2021. X21, satu-satunya produk yang terdaftar di situs web Apex Storage, sepertinya merupakan versi yang lebih canggih dari Storage Scaler asli.

X21 memiliki form factor double-width full-height full-length (FHFL) dengan desain slot PCI single. AIC ini dapat berkomunikasi melalui slot ekspansi PCIe 4.0 x16 standar dan kompatibel mundur dengan PCIe 3.0, namun kinerja akan menurun signifikan. Apex Storage sebenarnya menggabungkan dua PCB dalam bentuk sandwich, sehingga X21 dapat menampung hingga 21 SSD M.2 dan mengalahkan opsi lain seperti Sabrent Rocket 4 Plus Destroyer 2.

Foto Product: Apex Storage X21

Konsep ini membawa kita kembali ke masa lalu, yaitu konsep yang sama dengan yang digunakan Nvidia pada GeForce 7900 GX2.

Sumber Foto: guru3dcom

Ada 10 slot M.2 PCIe 4.0 dan heatsink besar yang menutupi kontroler yang tidak disebutkan secara spesifik di dalam X21. Kami curiga bahwa ada PCIe switch di bawah heatsink, yang kemungkinan membuat X21 berjalan. Sementara 11 slot M.2 PCIe 4.0 lainnya terletak di luar PCB.

Foto Product: Apex Storage X21

Karena jumlah SSD yang bisa ditampung oleh X21 sangat banyak, AIC ini tidak dapat memperoleh semua daya dari satu slot ekspansi saja. Oleh karena itu, Apex Storage mengimplementasikan dua konektor daya PCIe 6-pin reguler untuk menyediakan daya tambahan. Konfigurasi ini memungkinkan hingga 225W, meskipun X21 memiliki desain pendingin pasif.

Foto-foto X21 menunjukkan AIC ini dengan SSD Samsung 990 Pro dan kartu ini hanya mendukung drive M.2 2280. Namun, X21 juga dapat menerima SSD M.2 Intel Optane. Meskipun demikian, saat ini pilihan Optane sudah cukup terbatas setelah Intel memutuskan untuk mengakhiri bisnis Optane. Apex Storage tidak mengungkapkan detail internal dari X21.

Foto Product: Apex Storage X21
Foto Product: Apex Storage X21

Sumber: TomsHardware, Apex Storage

Tag

Reza Lyon Kurniawan

Saya suka perkembangan teknologi dunia, saya juga suka nonton animasi jepang kok hehehe