Kakaroto Team Juara Indonesian Cosplay Grand Prix 2023 di Makassar

Pop Kultur 24 Mei 2023

Indonesian Cosplay Grand Prix (ICGP) 2023 di Makassar telah berakhir dengan sukses. Acara ini merupakan salah satu cabang dari ICGP 2023 yang diadakan secara offline di 8 kota besar di Indonesia yaitu Medan, Pekanbaru, Balikpapan, Bandung, Yogyakarta, Malang, Bali dan Makassar pada bulan Mei ini dengan babak grand final di Jakarta (TBA). ICGP 2023 adalah kolaborasi dari ICGP, WCS, dan Impact Fantasy yang bertujuan untuk mencari perwakilan Indonesia yang akan mengikuti World Cosplay Summit (WCS) di Jepang.

ICGP 2023 di Makassar menghadirkan empat tim cosplayer yang berkompetisi dengan menampilkan kostum dan performance yang menarik dan profesional. Keempat tim tersebut adalah:

  1. Kakaroto Team - Devil May Cry V
  2. New Project Makassar - Berserk
  3. Zenoverse - Resident Evil 4
  4. Godeater - Evangelion: 2.0

Setelah melalui penilaian dari dewan juri yang terdiri dari cosplayer profesional yaitu @icetea_cos, @anggorodwi22, dan @ibnumajins, terpilihlah Kakaroto Team sebagai juara ICGP 2023 di Makassar. Tim ini berhasil memukau penonton dan juri dengan kostum dan performance yang mengadaptasi karakter Vergil dan Cavaliere Angelo dari game Devil May Cry V. Kakaroto Team berhak mendapatkan hadiah berupa stage up to CLASH ICGP 2023 di Jakarta yang merupakan babak grand final dari ICGP 2023.

Juara kedua diraih oleh New Project Makassar yang menampilkan karakter Guts dan Griffith dari manga dan anime Berserk. Tim ini juga mendapatkan pujian dari juri dan penonton dengan kostum dan performance yang dramatis dan epik.

Dalam acara ini juga dilakukan wawancara dengan beberapa pihak terkait seperti panitia, pemenang, dan peserta lainnya. Berikut adalah beberapa kutipan dari wawancara tersebut:

M. Irfan Mansyur (Panitia ICGP 2023 Branch Makassar):

“Minami Market dan Chibatsu Matsuri setau kami masih di bawah satu naungan EO yang sama, perbedaan mendasar dari kedua event tersebut itu kira-kira apa?”

“Awal cerita, Minami mempunyai ambisi yang sama persis dengan Comifuro di Jakarta dan Comiket di Jepang. Chibatsu ini sendiri akan berjalan terus bersama dengan ICGP dan CLASH.”

“Nama ‘Chibatsu’ sendiri awal ceritanya seperti apa”

“Kepanjangan Chibatsu sendiri itu adalah ‘Chibi no Atsui Matsuri’ dan 2024 nantinya rencananya akan berubah menjadi ‘Atsui no Matsuri’.”

“Untuk ICGP 2023, kenapa harus memilih Makassar?”

“Pihak CLASH awalnya sudah mengincar Makassar sebagai branch baru dikarenakan ada potensi di tahun 2020 namun ditunda dikarenakan adanya COVID-19 sehingga diundur ke acara ini”

Gin Kunieda (Kakaroto Team / Vergil):

“Kesulitan tim kalian untuk mempersiapkan properti untuk berlomba ini apa aja?”

“Butuh 3 bulan untuk mempersiapkannya dikarenakan kami mesti mencari ide untuk stage cosplay, koreografi, apalagi kami harus membuat pakaian sendiri”

“Untuk strategi ke Jakarta, apakah masih dengan konsep yang sama atau ada bumbu rahasia baru yang akan ditampilkan di Jakarta nanti?”

“Pastinya akan sama namun pastinya kami akan melakukan improvisasi besar-besaran yang mungkin akan terlihat berbeda nanti saat tampil di sana.”

“Singkat saja, sampaikan harapan kakak untuk para cosplayer di Makassar”

“Dengan adanya ICGP, dapat menjadi inspirasi bagi cosplayer di Makassar agar dapat mandiri membuat costum dan lebih berkreasi dalam koreografi sehingga dapat betul-betul menjadi cosplayer yang profesional”.

Peserta lainnya juga menyampaikan kesan dan pesan mereka tentang acara ini. Mereka mengaku senang bisa berpartisipasi dalam ICGP 2023 di Makassar dan berharap acara seperti ini bisa terus berlangsung setiap tahunnya.

ICGP 2023 di Makassar merupakan acara yang sangat meriah dan menyenangkan bagi para pecinta cosplay di Indonesia khususnya di Makassar. Acara ini juga menjadi ajang untuk menunjukkan bakat dan kemampuan para cosplayer Indonesia yang tidak kalah dengan cosplayer internasional. Selamat kepada Kakaroto Team yang telah menjadi juara ICGP 2023 di Makassar dan semoga sukses di babak grand final nanti.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.