Sumber: Istimewa

[Review] Redmi 10 5G, Future Proof Murah Yang Bisa Diandalkan

Review 28 Mei 2023

Smartphone 5G sudah mulai bermunculan dimulai dari flagship yang teratas hingga sekarang merambah ke entry level atau semi mid-range yang harganya terjangkau. Salah satu produsen yang biasa mengeluarkan smartphone nan-murah tapi dengan spek mantap, Xiaomi/Redmi merilis Redmi 10 5G dengan harga Rp. 2,6 juta saja bisa mendapatkan smarptohone 5G dan chipset yang mid-range MediaTek Dimensity 700 yang sedikit gahar di range harganya. Tidak usah basa-basi, mari kita langsung ke bagian reviewnya.

Paket di dalam

Sumber: Istimewa

Dalam pembelian kami mendapatkan paket yang cukup lengkap, khas Redmi. Masih dilengkapi silicon case dan kepala charger beserta kabelnya. Oh iya, perangkat ini bisa mendukung pengisian daya 18 watt yang sudah didukung oleh kepala chargernya. Good job Redmi!

Versi MIUI dan update yang diberikan dan opini kami

Sumber: Istimewa
Sumber: Istimewa

Secara out of the box ponsel pintar ini sudah dikasih MIUI 13 tapi ternyata setelah dihubungkan ke internet, kami diberikan update MIUI 14 dengan basis Android 13. Ya untuk opini menurutu kami mengenai MIUI 14 ini yakni tidak banyak cukup perbedaan daripada MIUI 13 selain ikon baru di bagian setting dan action control yang baru. Dan ciri khas yang tidak bisa lepas dari MIUI yaitu sangat ramai dan tampilan icon tidak ngeblend alias saling bertabrakan satu sama lain.

Tapi, jikalau yang diulas adalah fiturnya, MIUI 14 ini sangatlah memberi kita opsi yang sangat banyak yang tidak diberikan skin Android OS yang lain.

Bodi dan desain

Bodi dari Redmi 10 5G ini mengikuti trend produsen smartphone yang lain yaitu mengusung flat design, dan kalian pasti tahu kiblat hape Xiaomi/Redmi kemana kan? Bagian belakangnya terdapat semacam tekstur melingkar seperti Zen, jadi tidak membuatnya terlihat polos dan tidak licin di tangan.

Sumber: Istimewa
Sumber: Istimewa
Sumber: Istimewa

Walaupun tidak polos desain belakang hape ini tidak neko-neko, cuman ada logo Redmi dan setup kamera yang hanya dua dan tidak ramai ini membuatnya semakin terlihat premium tapi berkarakter.

Ya premium itu tampilan saja, saat kami genggam entah kenapa rasanya hape ini agak ringkih. Bagian belakang smartphone-nya saat tekan terasa ada bunyi yang menandakan tidak solid, bagian dalamnya sedikit kopong. Keringkihan ini juga terjadi karena bahannya polikarbonat.

Untuk layarnya Redmi ini masih mengusung desain 2,5 D jadi di tangan tidak terasa sakit menggeser layar dari pinggir.

Speaker

Sumber: Istimewa

Suaranya menurutu kami sedikit biasa saja dengan bass yang cukup diharganya. Suara vokal saat mendengarkan lagu No Time To Die - Billie Eilish sangat clear di harganya tapi dengan sibilant yang cukup terasa ketika volume suaranya diatur tinggi dan sedikit harsh. Mungkin sibilant terjadi karena setup speakernya hanya mono tidak dual speaker.

Kamera

Sumber: Istimewa

Untuk bagian kamera membuat kami sedikit kecewa. Bukan karena setup-nya saja yang hanya dual camera yang membuat kami kecewa tapi kualitas yang diberikan cenderung tindak kontras. Warna yang dihasilkan tidak vibrant dan cenderung cool walau sudah diambil di waktu golden hour.

Hasil gambar indoor, Sumber: Istimewa
Outdoor, saat golden hour: Sumber: Istimewa

Untuk bagian kamera depan tidak dapat mengambil menstablikan backgroud yang cerah. Membuat wajah kita tidak terlihat saat potret selfie saat siang hari di outdoor.

Keandalan Chipset Dimensity 700 5G

Sumber: Istimewa

Saat dipakai untuk membuka aplikasi, chipset dari MediaTek ini sangat cepat di harganya. Apalagi display yang diberikan sudah sampai 90hz, masih tidak membuat performa chipset Dimensity 700 menurun.

Saat dipakia gim sejuta umat yaitu Mobile Legends, performa yang diberikan saat kami test dan diset ke Ultra HD tidaklah menurun walaupun dalam kondisi perang yang ramai. Terlihat gim kompetitif ini masih sangat, sangat, sangat ringan untuk gim ini. Suhu yang dihasilkan tergolong adem dan baterainya sangat awet karena dibuat di fabrikasi 7nm.

Untuk soal 5G walaupun Indonesia masih belum merata tapi hape ini sangat bisa dibilang menurut kami menjadi future proof.

Kesimpulan

Di harga yang diberikan smartphone ini bisa menjadi future proof. Bukan hanya soal 5G tapi chipset Dimensity 700 di harga 2 jutaan sangatlah handal jika akan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Layarnya juga sudah sampai 90hz nyaman sekali saat digunakan pemakaian biasa atau saat gaming. Fabrikasi 7nm dan kombinasi baterai 5000mAh membuatnya sangat awet saat digunakan dalam jangka waktu lama.  

Tag

Rizky Aufa Febrianto

Suka fotografi dan gambar anime, gaming tipis-tipis