Foto: Sony

Sony Umumkan Project Q, Handheld Streaming Yang Unik!

Gaming 25 Mei 2023

Mediaformasi.com - Sony bukan pemain baru kalau bicara soal konsol gaming handheld. PlayStation Portable (PSP) dan PlayStation Vita adalah pembuktiannya. Nah, kali ini pada ajang PlayStation Showcase edisi Kamis (25/5), Sony mengumumkan sebuah perangkat gaming handheld yang tergolong unik.

Project Q, Bukan Portable Gaming Biasa

Dijuluki secara internal sebagai “Project Q”, Project Q adalah sebuah perangkat handheld game streaming yang terdiri dari sebuah kontroler DualSense yang terhubung dengan sebuah layar LCD berbasis layar sentuh.

Layar LCD tersebut berukuran 8 inci yang memiliki resolusi 1080p dengan refresh rate 60Hz. Sedangkan untuk kontrolernya sendiri memiliki semua fitur yang tersedia di kontroler DualSense, termasuk Haptic Feedback dan Adaptive Trigger.

Yang membuat perangkat ini unik adalah Project Q bukanlah gaming handheld seperti PSP atau PS Vita, #MedForians harus memiliki konsol PlayStation 5 untuk dapat menggunakan Project Q, karena perangkat ini tidak bisa memainkan game PlayStation 5 secara native dan hanya bisa memainkannya via streaming dengan Wi-Fi.

Foto: Sony
Foto: Sony

Sony menyebut bahwa Project Q adalah perangkat yang dirancang untuk memainkan game PlayStation 5 dengan visual yang mulus dan tajam saat #MedForians sedang tidak berada di depan televisi.

Bersamaan dengan pengumuman Project Q, Sony juga mengumumkan sebuah earbud wireless PlayStation yang menjanjikan kualitas audio lossless.

Foto: Sony

Sony sendiri belum memberikan informasi lebih lanjut apakah Project Q akan mendukung layanan PlayStation Now, yang memungkinkan penggunanya untuk streaming game PlayStation 5 beserta game dari PlayStation 2 dan seterusnya tanpa membutuhkan konsol fisik dengan biaya langganan bulanan.

Foto: Sony

Tentunya, kehadiran perangkat ini menimbulkan beberapa pertanyaan bagi kami. Terutama mengingat #MedForians kini dapat memainkan game PlayStation 5 via streaming dengan PlayStatsion Remote Play yang tersedia untuk perangkat Android, iOS, dan PC.

#MedForians juga dapat menghubungkan kontroler DualSense dengan perangkat-perangkat tersebut dan mendapat pengalaman yang serupa dengan apa yang ditawarkan oleh Project Q.

Sony belum mengungkap harga dari perangkat streaming ini, namun rencananya Project Q akan dirilis di tahun ini juga.

Tag

Ibrahim Gustav Amany

Doujin music and light novel fan.