Daihatsu Terios Berwajah Baru dan Ford Ranger & Everest Baru Resmi Diperkenalkan Hari Ini

Otomotif 8 Jun 2023

Hari ini (8/6) di Indonesia, Daihatsu dan Ford memperkenalkan jagoan barunya yang sama-sama bermain di segmen SUV. Bedanya, Daihatsu memperkenalkan refreshment dari LSUV andalan mereka, Terios, sementara Ford melakukan "comeback" dengan menghadirkan Ranger dan Everest generasi baru.

Terios Akhirnya Punya Wajah Baru Setelah 5 Tahun Dijual

Sejak dijual pertama kali sejak tahun 2017, Daihatsu Terios generasi F800 belum mengalami ubahan major facelift selama hampir 5 tahun. Kalaupun ada perubahan, paling sebatas penambahan fitur idling stop di tahun 2021 (sementara kembarannya, Rush baru mendapatkan ubahan minor di varian GR Sport yang merupakan versi rebranding dari varian TRD Sportivo di tahun yang sama).

Wajah baru Terios setelah hampir 5 tahun dipasarkan (Daihatsu)

Namun di tahun 2023 ini, Terios akhirnya mendapatkan tampilan yang lebih segar berkat ubahan di grille, bumper, warna greenish gun metal dan velg baru yang membuatnya terlihat gagah. Meskipun di interior, ubahannya terbilang minor yakni berubahnya warna interior, penambahan wireless charging dan airbag yang kini menjadi 6 buah.

Interior Terios baru yang tak banyak berubah (Daihatsu)

Selain ubahan diatas, selebihnya ya tetap sama seperti Terios sebelumnya. Masih dengan mesin 1.500cc 2NR yang dipadukan dengan transmisi otomatis torque converter dan penggerak RWD.

Harga dari Terios 2023 (YouTube/Daihatsu Sahabatku)

Terios baru dijual dalam dua varian, yakni X dan R, dan di semua tipe ada opsi ADS yang membuat tampilan nya semakin keren dan khusus di tipe R, tersedia juga varian R Custom yang terlihat berbeda dibandingkan R ADS. Terios baru ini dibanderol mulai 236 hingga 303 jutaan rupiah.

Kembalinya Ford Ranger dan Ford Everest Dengan Generasi Terbarunya

Di sisi lain, jenama asal Amerika Serikat, Ford akhirnya "comeback" ke pasar double cabin & SUV (untuk konsumen umum) di Indonesia lewat generasi terbaru Ford Ranger dan Ford Everest. Ford Ranger merupakan SUV Double Cabin yang satu kelas dengan Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton dan ia juga sering diandalkan sebagai kendaraan operasional di pertambangan, sementara Ford Everest sendiri merupakan SUV Ladder Frame yang satu kelas dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Ford Everest Titanium (Ford Thailand)

Kedua mobil Ford ini ditenagai oleh mesin 2000cc bi-turbodiesel dengan tenaga 210 PS dan torsi 500 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke empat roda (4x4) melalui transmisi otomatik 10 percepatan.

Kedua mobil ini memiliki desain yang macho nan maskulin khas SUV Amerika pada umumnya. Malah, desain mobil ini sedikit mengingatkan kita dengan mobil pickup Ford yang cukup terkenal, F-150 terutama F-150 Raptor.

Ford Ranger Raptor (Ford Thailand)

Dan bicara soal Raptor, Ford Ranger pun hadir dengan varian Raptor dengan desain yang lebih gagah khas mobil pickup Ford ber varian Raptor seperti F-150. Sementara untuk Ford Everest, ia hadir juga dengan varian Titanium dengan berbagai fitur menarik seperti Panoramic Sunroof, fitur radar Adaptive Cruise Control, Active Park Assist, Electric Parking Brake, Power Liftgate, dan kamera 360 derajat.

Dari segi harga, Ford Ranger ini disiapkan untuk melawan Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton dengan harga 481 juta untuk varian Base dan 589 juta untuk varian XLT. Ford Ranger WildTrak dan Ford Ranger Raptor lebih disiapkan untuk melawan Toyota Hilux GR Sport dengan harga 731 juta untuk varian WildTrak dan 1,103 miliar untuk varian spesialnya, Raptor.

Sementara itu, Ford Everest memiliki penempatan harga yang lebih mahal dari Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, namun dibawah harga Hyundai Palisade. Ia dijual mulai dari 778 juta untuk varian XLT dan 871 juta untuk varian Titanium.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja