©Kumanano/Shousetsuka ni Narou/Kuma Kuma Kuma Bear Punch Project

[Opini] Kuma Kuma Kuma Bear Punch, Ala Sinetron Indonesia Nan Membosankan

Pop Kultur 8 Jun 2023

Kaget dengan judulnya? atau kalian juga merasakan hal serupa ketika menonton animenya?

Anime ini mempunyai premis seorang Yuna yang terjebak di isekai sebagai beruang. Lalu ia membangun hubungan lebih dalam terhadap masyarakat di gim di mana ia terjebak dengan membantu mereka ketika menghadapi masalah. Ya memang, cerita yang dibawakan cukup santai dan jelas. Tapi dalam penceritaan dan penokohan masing-masing karakter terkesan biasa saja dan malah terkesan seperti cerita untuk anak-anak yang tidak memiliki bobot.

©Kumanano/Shousetsuka ni Narou/Kuma Kuma Kuma Bear Punch Project, Sumber: Muse Indonesia

Tiap karakter yang ditemui Yuna tidak mempunyai pengaruh pada dirinya, alur cerita terlalu gampang ditebak, dan cuman kegiatan orang sehari-hari yang tidak menarik perhatian. Tiap karakter pun tidak memiliki charm, Yuna sendiri pun jika kita sudah menonton musim pertamanya, pastilah tahu bahwa Yuna hanyalah beruang kuat yang suka menolong orang.

Seperti ketika Yuna membantu para murid yang sedang menjalankan pelatihan. Dari awal premis sudah ketahuan bahwa Yuna akan menolong mereka karena dialah beruang kuat, dan itu terjadi di endingnya. Ending episode yang mudah tertebak ditambah dengan tidak adanya makna penting di episode tersebut membuatnya terkesan boring untuk ditonton.

Seperti halnya sinetron Indonesia juga, penyorotan tiap cerita tidak fokus hanya Yuna saja. Sebenarnya hal tersebut tidak apa-apa jika tiap penyorotan akan berhubung kembali ke karakter utama. Masalahnya tiap penyorotan cerita masing-masing tokoh tidak memiliki hubungan masing-masing, yaitu tidak ada sebab-akibat.

Penyorotan karakter yang tidak jelas dan alur yang tidak berkesinambungan membuatnya semakin tidak terasa ada tujuan tiap episode yang dihadirkan. Sama halnya sinetron Indonesia yang tiap penyorotannya sangatlah membingungkan untuk dicerna maksudnya.

Ya itu saja opini dari penulis mengenai anime ini, jika kamu mempunyai opini lain bisa tulis di kolom komentar.

Tag

Rizky Aufa Febrianto

Suka fotografi dan gambar anime, gaming tipis-tipis