Toyota Yaris Cross : Penantang HR-V dari Pabrikan Tripel Elips (Toyota Indonesia)

Toyota Yaris Cross Resmi Dipasarkan di Indonesia, Lebih Murah Dari Honda HR-V!

Otomotif 13 Jun 2023

Hari ini (13/6), PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi memulai produksi dari Toyota Yaris Cross spek ASEAN yang juga menandai pemasaran mobil tersebut di Indonesia. Selain dipasarkan di Indonesia, Yaris Cross berbasis Daihatsu New Global Architecture ini juga akan dipasarkan ke lebih dari 25 negara di Asia Tenggara dan Amerika Latin, salah satunya adalah Vietnam yang akan menjual mobil ini dalam waktu dekat.

Di Indonesia sendiri, mobil ini sudah bisa dibeli melalui dealer Toyota terdekat dengan harga yang cukup menarik jika dibandingkan dengan kompetitornya seperti Honda HR-V. Kita mulai dari Yaris Cross tipe G yang dijual mulai dari 351 juta untuk varian manual lebih murah 24,9 juta dari HR-V termurah dan 364 juta untuk varian CVT lebih murah 11,9 juta dari HR-V termurah.

Sementara untuk varian tertinggi (untuk mesin non-hybrid), tipe S, ia dijual mulai dari 407,7 juta lebih murah 8,4 juta dibandingkan HR-V SE atau 417 juta dengan tambahan GR Parts Aero Package atau cuma 900 ribu lebih mahal dari HR-V SE. Sementara untuk varian S Hybrid, ia dijual seharga 440,6 juta dan 449,9 juta dengan tambahan GR Aero Package atau lebih murah 80 jutaan dibandingkan HR-V RS.

Oh iya, Yaris Cross yang diproduksi di pabrik TMMIN ini memiliki kandungan lokal sebesar 60 persen untuk varian Hybrid dan 80 persen untuk varian non hybrid yang didukung oleh 116 supplier bertaraf tier 1. Dan di sisi lain, Toyota mengklaim bahwa konsumsi BBM Yaris Cross dengan mesin 2NR Hybrid bisa mencapai 30,3 km/l!

Jadi, jika kalian diberi budget kurang lebih 550 juta dan kalian disuruh untuk memilih, apakah kalian akan membeli HR-V RS Turbo atau Yaris Cross Hybrid? Tulis pendapatmu di komentar!

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja