5 Mobil Paling Ikonik di Racing Game

Gaming 13 Jul 2023

Mediaformasi.com - Berbagai media dapat menjadikan mobil sebagai bintangnya, baik melalui film, acara TV, atau manga/anime. Contohnya banyak, seperti DMC DeLorean dari film Back to The Future atau Toyota Sprinter Trueno GT-APEX dari manga Initial D, serta masih banyak lagi.

Hal yang sama juga berlaku pada video game. Walaupun sebagian mobil yang terkenal melalui video game adalah fiksi, namun ada beberapa mobil sungguhan yang diasosiasikan dengan video game itu sendiri. Ambil contoh Gran Turismo misalnya, yang terkenal membantu mempopulerkan mobil JDM menjadi paling desirable di kalangan antusias seperti Nissan Skyline GT-R dan Toyota Supra di dunia Barat.

Nah, berikut #MedForSquad merangkum kelima mobil yang paling ikonik melalui video game yang telah menjadi ciri khas atau setidaknya mudah dikenali dan direferensikan ke video game.

Need For Speed Most Wanted - BMW M3 GTR E46

This thing needs no introduction. Iya, memang inilah mobil paling ikonik yang lahir dari video game. Walaupun terkesan overrated, faktanya kalian tidak bisa menyangkal bahwa BMW M3 GTR tidak hanya diasosiasikan dengan Need For Speed Most Wanted yang memang merupakan salah satu seri terbaik, namun juga franchise Need For Speed secara keseluruhan.

Dimulai dari kedatangan ke Rockport, merebut kembali M3 GTR yang dicuri oleh Razor Callahan - antagonis utama dari Most Wanted, sampai ringsek setelah dikejar oleh Cross di Need For Speed Carbon, kenangan gamer bersama M3 GTR mungkin begitu membekas. Bahkan EA sampai menghadirkan kembali M3 GTR di seri NFS selanjutnya walau tidak hadir secara canon.

OutRun - Ferrari Testarossa Spider

Kehadiran mobil berlisensi di video sudah menjadi hal lumrah di video game jaman sekarang. Namun, OutRun yang pertama kali dirilis dengan format arcade pada tahun 1986 langsung menjadi hit berkat gameplay yang menarik, soundtrack yang ikonik, serta tentu saja Ferrari Testarossan Spider yang menjadi magnet bagi penggemar arcade pada saat itu. Apalagi kehadiran Testarossa yang memang sudah populer melalui acara Miami Vice menjadi bintang di game ini.

Uniknya, meskipun hadir di dalam game, Ferrari sebenarnya tidak pernah menghadirkan Testarossa Spider untuk publik. Namun, Ferrari pernah membuat Testarossa Spider sebagai one-off untuk memperingati Gianni Agnelli sebagai presiden Fiat pada saat itu selama 20 tahun. SEGA dan Ferrari kemudian melanjutkan kerjasama yang nantinya akan melahirkan OutRun 2 dan OutRun 2006 Coast to Coast.

Gran Turismo - Suzuki Escudo Pikes Peak

Gran Turismo adalah sebuah game changer untuk video game berkat unsur realisme yang dibawakan serta lebih dari 150 mobil yang ditawarkan ketika dirilis pertama kali pada tahun 1997. Tapi siapa pun yang memainkan Gran Turismo 2 di tahun 1999 pasti ingat Suzuki Escudo Pikes Peak karena pasti mobil ini ada pada setiap save game para penggemar.

Sesuai namanya, Suzuki Escudo ini dibuat untuk berkompetisi Pikes Peak International Hillclimb. Sangat mudah dikenal dengan spoiler raksasa dan memiliki tenaga hampir 1.000 HP serta berpenggerak all-wheel drive. Namun, para penggemar lebih mengenang Escudo karena di Gran Turismo 2, mobil ini sangat overpower bahkan dianggap sebagai cheat car. Tentu saja karena Escudo Pikes Peak jauh lebih kencang dari semua mobil di Gran Turismo 2, bahkan lebih kencang daripada mobil Group C Le Mans sekalipun.

Daytona USA - #41 Hornet

Daytona USA dianggap sebagai salah satu racing game paling berpengaruh karena mempelopori grafis 3D ketika pertama kali hadir pada tahun 1994 untuk arcade. Gameplay yang adiktif serta soundtrack yang ikonik menjadikannya game arcade paling populer di 90-an.

SEGA menghadirkan Daytona USA untuk menandingi popularitas Ridge Racer dari Namco. Disinilah #41 Hornet muncul sebagai playable car di game ini, dengan mengambil inspirasi di Chevrolet Lumina Stock Car. Meskipun Anda dapat memilih beberapa warna cat dengan setiap skema cat mewakili kesulitan yang berbeda dengan berbagai penanganan dan kecepatan tertinggi, skema warna merah, putih, dan biru Hornet adalah yang paling ikonik.

Driver: San Francisco - Dodge Challenger R/T

Serial franchise Driver adalah sebuah "surat cinta" untuk penggemar movie kejar-kejaran mobil seperti Bullitt, Vanishing Point, Gone in 60 Seconds versi original. Driver: San Fransisco adalah seri terakhir sekaligus puncak dari franchise ini. Sebagai game pertama yang menghadirkan mobil berlisensi, Driver: San Fransisco juga menghadirkan mobil bintang yang lahir dari film Hollywood.

Driver: San Fransisco menghadirkan Dodge Challenger R/T dengan warna kuning dan stripe hitam yang ikonik. Mobil andalan sang protagonis sekaligus detektif John Tanner ini memiliki hood scoop dan spoiler belakang yang unik.

Di misi pembuka, John mengejar Jericho - sang antagonis yang kabur dengan Dodge Challenger miliknya, namun berakhir nahas setelah ditabrak dan John harus berjuang melawan koma setelahnya.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)