Italia Inginkan Pengemudi Baru Dilarang Mengemudikan Mobil Lebih dari 93 HP Selama Tiga Tahun

Otomotif 4 Jul 2023

Mediaformasi.com - Memang selalu diperdebatkan bahwa pengemudi yang baru saja mendapatkan SIM tidak diperbolehkan mengemudikan mobil dengan tenaga yang terlalu besar sampai sudah dewasa secara mental dan cukup berpengalaman untuk mengemudikannya.

Agrumen tersebut sebenarnya dapat diterima mengingat pengemudi pemula membutuhkan waktu untuk menambah 'jam terbang' dibalik kemudi serta belajar etika dalam berkendara di dunia nyata, yang tentu saja tidak selalu tertuang dalam kurikulum sekolah mengemudi.

Italia adalah salah satu negara yang mengimplementasikan peraturan pembatasan tersebut, dan sepertinya peraturan tersebut akan semakin berat dari sebelumnya.

Dilarang Mengemudikan Mobil Lebih dari 95HP Selama Tiga Tahun

Gambar: Quattroroute

Sekedar informasi, Italia memiliki peraturan yang melarang pengemudi baru untuk mengendarai mobil lebih dari 93 HP (70 kW) atau mobil dengan power-to-weight ratio lebih dari 70 HP/ton (55 kW/Ton) selama setahun terhitung dari tanggal pengemudi mendapatkan SIM-nya.

Sebagaimana yang dilansir melalui Quattroroute, Dewan Menteri Italia memperpanjang pembatasan itu menjadi tiga tahun untuk semua pemegang SIM baru. Aturan baru tersebut masih harus melewati prosedur parlementer untuk dapat diberlakukan.

Seperti yang ditulis di paragraf pertama, aturan ini berlaku untuk semua pengemudi "baru" di Italia terhitung dari tanggal mereka mendapatkan SIM dan bukan dari usianya, termasuk orang asing yang tinggal di Italia yang juga mendapatkan SIM Italia mendapatkan perlakuan yang sama.

Tidak jelas bagaimana aturan tersebut akan diterapkan juga pada pengemudi yang mungkin telah memegang SIM selama dua tahun dan membeli mobil yang lebih kencang setelah melewati batasan awal.

Seanadainya diterapkan di Indonesia, mungkin pilihan pengemudi baru bisa dari LCGC seperti Daihatsu Ayla ini.

Mungkin jika kalian interpretasikan peraturan tersebut di Indonesia, sebenarnya pilihan mobil yang bisa dikendarai oleh pengemudi baru bisa dibilang lumayan banyak, seperti beragam mobil LCGC, duo Toyota Raize/Daihatsu Rocky (1.2-liter), Citroen C3, dan masih banyak lagi.

Apalagi jalanan di Italia lebih didominasi jalanan sempit terutama di berbagai kota besar sehingga mobil kecil lebih masuk akal. Walaupun mungkin terlihat aneh namun setidaknya bisa memberi waktu bagi pengemudi baru di Italia agar bisa lebih bijak di jalan raya seiring dengan berjalannya waktu.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)