Tangkapan layar gim Need For Speed The Run, sumber: Electronic Arts

[Review] Need For Speed The Run, Race Dramatis, Menegangkan, Gim Yang Seperti Film

Gaming 11 Jul 2023

Apa kabar medforians!? kali ini penulis mempunyai kesempatan untuk mengulas gim yang terbilang cukup lama, tahun rilisnya 2011, yang berarti sudah berumur 11 tahun lebih saat artikel ini ditulis.

Need For Speed, sebuah franchise gim balap yang cukup lama sudah ada dikeluarkan oleh publisher Electornic Arts dan seri kali ini dikerjakan oleh Black Box yang dimana gim Need For Speed The Run merupakan gim terakhir kalinya yang mereka buat sebelum ditutup oleh EA. Gim ini memiliki sebuah premis pembalap jalanan yang harus mengikuti sebuah race untuk menutupi hutangnya.

Ulasan awal

Jack Rourke nama karakter utamanya. Sebagai pemain, gim ini tidak akan menyuguhkan sebuah gim di mana hanya balap-balap dan balap saja. Tapi akan ditampilkan story Quicktime Events seperti movie di mana kita juga memiliki kendali di dalam ceritanya agar story tetap terus berjalan. Di awal gim pemain akan dibawa ke sebuah pembukaan ketika Jack harus keluar dari mobilnya yang akan dihancurkan bersama dirinya dan kabur dari mobs bawahan Marcus Blackwell dimana Jack punya hutang kepadanya.

Dari pembuka saja sudah membuat kesan jelas gim ini sangat menegangkan. Bagian yang bikin tegang bukan hanya dari segi scene tapi ketika kalian harus menekan tombol beberapa kali agar Jack bisa keluar dari mobilnya. Jika kalian gagal dalam memencet secara terus-menerus story-nya akan berujung bad ending.

Quicktime Events Jack Rourke selama ikut balap terpanjang, sumber: Gam3Plays14 YouTube channel
Gameplay Need For Speed The Run, sumber: IsuckAtDriving YouTube channel

Premis menegangkan tidak hanya diberikan di awal cerita saja. Tapi di tiap Quicktime Events dan sebuah balapan yang tiap stagenya menawarkan suasana, ambience, dan mode balap yang berbeda. Apalagi di beberapa event Jack mengganti mobilnya karena telah busted dan rusak mobilnya, jadi kamu tidak akan bosan dengan satu mobil saja.

Tiap mobil pun punya level difficultynya masing-masing yaitu dari very easy ke challenging. Nanti kita akan bahas tentang driving experience gim ini.

Mode Balapan

Di gim ini tiap stage akan menawarkan mode balapan yang berbeda. Seperti "Gain Position", "Time Based Battle Opponent", "Make Up Time", dll.

Untuk "Gain Position" seperti race biasa di mana kalian harus melawan sampai opponent teratas tanpa ada batas waktu tertentu. Untuk "Time Based Battle Opponent", kalian harus melawan tiap opponent yang dibatasi waktu. Dan terakhir "Make Up Time" adalah seperti time trial di Need For Speed Most Wanted Black Edition, di mana kalian harus mendapatkan checkpoint tepat pada waktunya.

Driving Experience

Sumber: Electronic Arts

Cukup impresif, menurut penulis. Banyak juga player lain yang mengatakan bahwa gim racing ini seperti halnya menyetir sungguhan (maksudnya tidak senyata yang kamu bayangkan seperti membawa mobil sungguhan, hanya hiperbola saja).

Mobil yang dibawa tidak akan memelintir begitu saja walaupun dibelok secara asal, perlu effort sedikit untuk understeering mobilnya. Itupun biasanya terjadi understeering di belokan yang sedikit lurus maupun tajam. Kalau bisa dibilang mobilnya cukup keras untuk dibelokkan dan ini adalah hal bagus, karena membuat pemainnya lebih berinteraksi langsung dengan mobilnya.

Adapun mobil bisa drifiting jika kalian terlalu memencet tombol arrow terlalu lama sambil menggas mobilnya di belokan. Ataupun spin out jika kalian memencet terlalu lebih tombol handbrake.

Kalian tidak boleh asal belok saja di belokan tanpa menurunkan kecepatan atau mobil kalian akan belok tidak tajam lalu drifting. Pengalaman driving inilah yang membuat banyak player-nya yang mengatakan bahwa gim ini seperti menyetir sungguhan.

Kesimpulan

Gim ini memberikan pengalaman race yang berbeda dari gim balap lain baik itu dari seri Need For Speed itu sendiri. Cerita yang diberikan memberikan bumbu dramatis dari gim balap ini. Quicktime Events membuat gim ini menjadi menarik untuk dimainkan karena tidak sekedar balapan saja.

Apalagi tiap stage menawarkan track yang berbeda pula dan memberikan experience menyetir yang impresif. Kamu tidak akan bosan dengan pilihan mobil yang disediakan untuk karakter utamamu, Jack Rourke.

Sekian ulasan Need For Speed The Run (2011) ini jika kalian mempunyai pemikiran lain tentang gim ini silahkan tulis di kolom komentar ya!

Tag

Rizky Aufa Febrianto

Suka fotografi dan gambar anime, gaming tipis-tipis