Penelitian Honda Menemukan Suara Mesin NSX Dapat Menenangkan Bayi

Otomotif 5 Jul 2023

Mungkin kalian akan direpotkan untuk menenangkan bayi yang sedang mengangis, dengan cara menggendongnya atau kasih lagu nina bobo agar si buah hati bisa tenang. Tentu kalian tidak akan memikirkan untuk menenangkan bayi dengan suara mesin mobil, bukan?

Namun, para peneliti Honda menemukan bahwa itu bisa dijadikan cara untuk menenangkan bayi.

Uji Suara Mobil Sebagai Bahan Percobaan

Foto: Honda

Honda melakukan uji coba dengan merekam suara mobil, mulai dari Honda Ballade, Integra Type R, S2000, bahkan hingga Odyssey untuk mengetahui reaksi terhadap balita berumur 6-16 bulan. Peneliti Honda menemukan bahwa tidak ada yang bisa menenangkan bayi yang menangis seperti suara Honda NSX NC1.

Honda menemukan bahwa frekuensi suara dari mesin 3.5-liter twin-turbocharged V6 punya NSX serupa dengan yang didengarkan oleh bayi saat mereka masih dalam kandungan ibunya. Menurut Honda, suara yang mirip dengan suara rahim ibu berguna untuk menenangkan bayi yang baru lahir. Suara yang terdengar di dalam kandungan banyak yang termasuk frekuensi rendah seperti aliran darah dan detak jantung ibu, tetapi suara mesin mobil Honda juga termasuk frekuensi rendah di bawah 250Hz.

Kolaborasi Dengan Takara Tommy

Belajar dari penelitian ini, Honda bermitra dengan pembuat mainan Takara Tomy untuk membuat Honda Soundsitter. Mainan boneka berbentuk mobil dengan mengambil inspirasi dari Honda S600 ini dilengkapi dengan unit suara bawaan yang dapat diaktifkan dari jarak jauh melalui smartphone.

Tes internal Honda menunjukkan 11 dari 12 bayi – terutama saat tidak diberi makan, atau dengan popok penuh – menjadi lebih rileks setelah mendengar suara Honda NSX. Honda Soundsitter juga memenangkan Grand Prize di Japan Toy Awards 2023.

Honda Soundsitter akan mulai dijual di Jepang pada Oktober 2023 dengan harga sekitar 8.250 Yen (856 ribu Rupiah). Pembeliannya dapat dilakukan secara online melalui website Takara Tommy.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)