GIIAS 2023 : KIA EV9, SUV Listrik Besar Untuk yang Berkantong Tebal

Otomotif 14 Agt 2023

Mediaformasi.com - Di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, KIA membawa satu kejutan besar dengan menghadirkan KIA EV9. Mobil yang nantinya akan bersaudara dengan Hyundai IONIQ 7 ini dijual dengan harga yang cukup wah untuk sebuah KIA, yakni di 1,975 miliar Rupiah.

KIA EV9 merupakan SUV listrik berkonfigurasi tiga baris 6-seater yang berpadu dengan desain futuristik khas KIA zaman sekarang. Thanks buat bahasa desain Opposites United dengan kombinasi digital tiger nose dan star map sebagai DRL, membuat mobil ini bisa menjadi "neck breaker" di jalanan.

Tak hanya hadirkan desain yang bikin "patah leher," KIA juga menanamkan teknologi canggih seperti fitur berkendara otonom level 3 yaitu KIA Highway Driving Pilot dengan 15 sensor termasuk 2 sensor Lidar yan bisa mendeteksi objek 360 derajat. Pun begitu dengan hadirnya sistem Remote Smart Parking Assist 2 yang bisa membuat EV9 bisa parkir senndiri.

Bicara soal motor listrik dan baterainya, EV9 dibekali dual motor listrik yang menghasilkan tenaga 385 PS dan torsi 700 Nm yang dipadukan dengan baterai 99,8 kWh yang bisa menempuh jarah sampai 497 km. Untuk durasi pengecasan, EV9 bisa diisi daya selama 25 menit dengan DC Fast Charging (CCS 250 kW) atau 10 jam 45 menit dengan AC Charging (Type 2 11 kW).

Fitur-fitur lain seperti Vehicle-to-load (V2L) seperti di IONIQ 5 dan EV6 juga tersedia di EV9. Tapi yang lebih keren dari itu adalah hadirnya Vehicle-to-vehicle (V2V) yang dapat mengisi daya kendaraan listrik lain, sehingga kalian bisa bersedekah dengan pengguna mobil listrik lain yang kehabisan baterai di jalan.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja