Mitsubishi XForce, Andalan Baru Mitsubishi Untuk Melawan HR-V dkk. (Mitsubishi Motors Indonesia)

GIIAS 2023 : Mitsubishi Resmi Menamai SUV Baru Mereka Sebagai XForce

Otomotif 10 Agt 2023

Mediaformasi.com - Setelah diperkenalkan pada sebuah event terpisah pada Senin pekan lalu, Mitsubishi resmi melakukan debut dari compact SUV baru mereka. Dan di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 hari ini (10/8), Mitsubishi meluncurkan nama dari compact SUV tersebut yang nantinya akan dikenal sebagai Mitsubishi XForce.

Tak hanya merilis nama resmi untuk SUV baru mereka, Mitsubishi juga memperkenalkan fitur-fitur yang hadir di XForce ini. Nantinya, XForce akan bersaing langsung dengan Toyota Yaris Cross, Honda HR-V, Suzuki Grand Vitara, Hyundai Creta, Wuling Alvez dan Chery Omoda 5.

Secara desain, ia tak jauh berbeda dengan versi XFC concept nya dan versi purwarupa yang diperkenalkan pekan lalu. Desain eksterior dengan konsep silky dan solid; identitas desain New Generation Dynamic Shield; Futuristic T-Shape Headlight; Stylish Rear Combination Lights; dipadukan dengan ban 18 inci menghasilkan profil kuat dari sebuah autentik SUV.

Dengan dimensi 4,390 mm x 1,810 mm x 1,660 mm dengan ground clearance sebesar 222 mm, XForce diklaim punya ground clearance tertinggi di kelasnya. Dengan approach angle dan departure angle yang terbaik di kelasnya masing-masing 21,0 derajat dan 30,5 derajat, XForce memberikan ketenangan saat mendaki tanjakan.

Di segi dapur pacu, XForce Dilengkapi CVT dengan efisiensi tinggi yang dikombinasikan dengan mesin MIVEC 1.5L DOHC 16-valve yang telah teruji, memberikan sebuah akselerasi bertenaga dan responsif melalui kontrol perputaran mesin seperti pada transmisi bertahap ketika akselerator ditekan penuh. Dan ketika akselerator ditekan secara ringan, CVT memaksimalkan performa mesin untuk mencapai efisiensi bahan bakar dan akselerasi senyap dengan transmisi halus yang unik untuk sebuah mesin CVT.

Dan dengan respons yang telah ditingkatkan pada tanjakan, XForce dapat menunjukan kapasitas menanjak yang bertenaga tanpa harus menekan akselerator secara kuat, dengan pengereman mesin yang diperkuat ketika menurun yang mengurangi ketidaknyamanan dari pengereman yang sering dan membuat pengendaraan lebih nyaman.

Selain meningkatkan rasa kemudi dan stabilitas garis lurus melalui caster trail yang lebih besar dan rasio gear OA yang dipercepat di suspensi depan, bushing suspensi belakang telah diperbaiki dan ukuran silinder peredam kejut telah ditingkatkan untuk meningkatkan stabilitas roda kemudi dan kenyamanan berkendara, serta mencapai pengendaraan yang menyenangkan bahkan di jalan yang kasar dan bergelombang. Evaluasi telah berulang kali dilakukan secara aktual di jalan-jalan kawasan ASEAN untuk memastikan penyetelan yang optimal.

Di interiornya, XForce hadir dengan Interior terkini dengan nuansa yang modern. Dilengkapi dengan horizontal axis instrument panel dengan mélange dan mocha interior; floating console; dan ambient lighting. Ditambah, Advanced Monolithic Display & Meter, terdiri dari Smartphone-link Display Audio (SDA) 12,3 inci yang menawarkan visual berkualitas tinggi, yang dilengkapi fungsi dan konten yang menarik dengan Wireless Connectivity Android Auto dan Apple Carplay, serta Digital Driver Display 8 inci yang memberikan informasi yang beragam dan mudah dibaca dengan visual berkualitas tinggi.

Selain itu, XForce juga dilengkapi oleh premium sound yang ditune oleh Yamaha, empat mode berkendara: Normal, Wet, Gravel, Mud. Wet Mode, Dual Zone Auto Climate Control – dengan teknologi Panasonic,Nanoe-X TM dan Memory Function serta berbagai fitur lainnya. Ditambah, XForce dilengkapi fitur keselamatan aktif seperti Active Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, serta Rear Cross Traffic Alert, Tire Pressure Monitoring System, dan lain sebagainya.

Mitsubishi XForce dijual mulai dari 379,9 jutaan untuk varian Exceed dan 412,9 jutaan untuk varian Ultimate. Bahkan nantinya Mitsubishi Motors juga berencana untuk meluncurkan satu varian yang lebih tinggi dengan fitur ADAS yang lebih lengkap.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja