Toyota di gelaran GIIAS 2023 (Toyota Astra Motor)

GIIAS 2023 : Yang Baru dari Toyota dan Lexus di GIIAS 2023

Otomotif 11 Agt 2023

Mediaformasi.com - Sebagai pemain lama di industri otomotif di Indonesia, kehadiran Toyota dan Lexus di GIIAS selalu menjadi hal yang ditunggu bagi banyak orang. Dan di GIIAS 2023, kedua jenama dari satu induk tersebut meluncurkan produk baru mereka yang kebetulan merupakan MPV mewah plus di Toyota sendiri, ada mobil konsep yang menghidupkan kembali legacy dari salah satu model legenda mereka, serta mobil harian yang sporty dan kencang dari lini Gazoo Racing.

Toyota Alphard Hybrid dan Lexus LM yang Kebetulan Rilis Barengan di GIIAS

Nama Toyota Alphard sendiri memanglah sudah tak asing bagi kalangan kelas atas di Indonesia. Dan di gelaran GIIAS 2023 hari ini (10/8), Alphard generasi terbaru resmi diluncurkan di Indonesia dengan banderol mulai dari 1,3 sampai 1,6 miliar.

MPV premium yang banyak digunakan pejabat dan orang-orang berkantong tebal ini beralih platform menjadi Toyota New Global Architecture (TNGA) layaknya mobil Toyota lain. Meskipun begitu, desain eksterior Alphard sendiri masih tetaplah khas layaknya Alphard di generasi sebelumnya.

Tapi yang menjadi highlight dari hadirnya Alphard baru ini ialah penggunaan mesin hybrid baru berkode A25A-FXS 2.500cc yang bertenaga 250 PS dengan torsi mesin 239 Nm dan torsi motor listrik 270 Nm. Mesin bensin 2AR-FE 2.500cc pun juga hadir dengan tenaga 182 PS dan torsi 235 Nm.

Dari segi interior, Alphard is still Alphard dengan segala fitur mewahnya. Misal pengaturan kursi lewat layar, split moonroof, ambient light dan lain sebagainya.

Di waktu yang bersamaan, Lexus juga ikut membawa saudara dari Alphard, yaitu Lexus LM. Berbeda dari LM generasi sebelumnya, LM yang ini punya desain yang jauh berbeda dari Alphard sekalipun ia menggunakan basis yang sama.

Salah satu signature khas Lexus adalah hadirnya Spindle Grille, speaker Mark Levinson 3D Surround Sound, layar 48 inci yang tergabung dengan sekat dan berbagai kemewahan absolut yang tak dimiliki oleh Alphard. Maka tak heran jika Lexus LM ini nantinya akan dijual lebih mahal dari Alphard, yakni di sekitar 1,9 - 2 miliar lebih (jika mengacu dari harga generasi LM sebelum ini).

Toyota Rangga Concept, Penerus Kijang yang Sesungguhnya

Di bagian Commercial Vehicle, Toyota menghadirkan mobil konsep yang berbasis dari konsep IMV-0 yang pernah diperkenalkan di Thailand. Diberi nama Rangga Concept, mobil konsep ini merupakan "penerus spiritual" kijang yang sesungguhnya, yang dikenal sebagai mobil yang serbaguna.

Rangga Concept, wujud Kijang lawas dalam kemasan modern (Toyota Astra Motor)

Nama Rangga sendiri bukanlah hal yang baru untuk Toyota, karena nama tersebut pernah digunakan di varian tangguh dari sebuah Kijang kapsul. Namun bedanya, calon Kijang Rangga di era modern ini berwujud sebagai mobil pickup serbaguna yang bisa dijadikan apapun untuk menunjang usaha kalian.

Misal, ada versi ambulans untuk membawa pasien atau jenazah layaknya Kijang versi ambulans di zaman dahulu, ada juga versi ice cream stall yang berguna jika kalian adalah pengusaha makanan eskrim. Bahkan ada versi drift yang bisa menjadi mobil yang sangat seru dipakai untuk drifting.

Rangga Concept dibangun dari sasis ladder frame IMV dengan styling retro-modern yang mengingatkan kami akan Kijang lawas. Dengan penggunaan sasis IMV, membuat Rangga bisa dijadikan mobil serbaguna dengan durabilitas khas Toyota.

Kendati ia baru berupa konsep, mobil ini direncanakan akan diproduksi massal dalam waktu dekat ini.

RAV4 GR Sport PHEV Akhirnya Dijual Resmi di Indonesia!

Di bagian Gazoo Racing, Toyota Indonesia akhirnya mengumumkan bahwa RAV4 GR Sport PHEV, yang sebelumnya diperkenalkan di gelaran Jakarta AutoWeek 2023 beberapa bulan silam sudah resmi dijual di gelaran GIIAS 2023. RAV4 GR Sport ini dijual seharga 1.150 miliar dengan unit yang didatangkan langsung dari Jepang.

RAV4 GR Sport merupakan rival dari Mitsubishi Outlander PHEV, dengan styling yang sporty khas ala Gazoo Racing. Dengan mesin 2.500cc A25A-FXS dan motor elektrik ganda di depan dan belakang, mobil ini dinobatkan menjadi Toyota terkencang kedua di Indonesia dengan tenaga 306 PS dan dapat berlari dari 0-100 km hanya dalam 5,7 detik.

GR Corolla : Corolla Berjantung GR Yaris

Selain mengumumkan kehadiran RAV4 PHEV di keluarga GR Sport, Toyota Indonesia juga memperkenalkan GR Corolla, sebuah hot hatchback empat pintu berbasis Corolla yang menggunakan dapur pacu GR Yaris. Kami pernah membahas mobil ini saat awal kemunculannya di Amerika Serikat, tapi kali ini kita bahas apa saja yang hadir di GR Corolla spek Indonesia.

Jadi untuk GR Corolla spek Indonesia ini sama-sama diproduksi di fasilitas produksi khusus lini Gazoo Racing di Motomachi Plant, Jepang. Dengan spek mesin yang sama seperti GR Yaris, yakni 1.600cc tiga silinder G16E-GTS bertenaga 300 PS dan torsi 370 Nm.

Dengan penggerak AWD GR-Four, sasis yang lebih diperkuat, widebody, hoodscoop, side scoop, GR Styled bumper dan bobot yang enteng membuat GR Corolla ini siap menjadi teman terbaikmu saat melakukan trackday. Kendati demikian, mobil ini baru akan dipasarkan di Indonesia mulai akhir 2023 atau awal 2024 mendatang.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja