Tepis Rumor Discontinue, Asus Tegaskan Komitmen Lanjutkan Seri Zenfone

Teknologi 29 Agt 2023

Asus Zenfone 10 bisa dibilang merupakan 'oasis' dari kumpulan smartphone flagship berukuran besar dengan bodi yang tergolong ringkas untuk standar 2023. Apalagi nama Zenfone sudah melekat bagi Asus sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014. Nah, Asus Zenfone 10 sendiri baru diperkenalkan pada bulan Juni 2023 dan Asus baru saja membuka sesi pre-order untuk pasar Amerika Serikat.

Sembari masih menunggu Zenfone 10 dirilis secara resmi di Indonesia (Entah sampai kapan), kabar tidak mengenakkan datang dari rumor seri Zenfone akan discontinue oleh Asus. Kok bisa?

Rumor Seri Asus Zenfone Akan Discontinue

Dilansir dari berita TechNews Taiwan (25/08/23), disebutkan bahwa Zenfone 10 merupakan model terakhir untuk Asus Zenfone Series. Diketahui Asus telah melakukan restrukturisasi perusahaan, salah satunya adalah pengurangan jumlah karyawan pada departemen PC di Taiwan dan China.

Asus dirumorkan akan memindahkan beberapa karyawan ke divisi smartphone, yang terbagi menjadi Zenfone dan ROG Phone sesuai dengan portofolio perusahaan. Namun kenyatannya Asus telah membubarkan tim Zenfone dan memindahkan beberapa karyawan ke tim ROG Phone sekaligus meningkatkan fokus Asus pada pasar ranah gaming smartphone.

Asus Tegaskan Lanjutkan Seri Zenfone

‌Meski begitu, rumor restrukturisasi ini sudah diklarifikasi oleh Asus sejak lama. Melansir dari Asus Pressroom (14/06/23) bahwa rumor tersebut tidaklah benar, Asus menjelaskan bahwa pihaknya ingin membagi divisinya menjadi tiga bagian yaitu: Consumer, Commercial, dan Mobile Phone.

“Kami ingin menjawab rumor bahwa Asus Zenfone 10 akan menjadi generasi terakhir dari seri tersebut dan lini produk Asus Zenfone akan ditutup. Hal ini tidak benar, kami akan melanjutkan dua lini produk bisnis ponsel utama kami, ROG Phone dan Zenfone. Asus memiliki komitmen yang kuat terhadap bisnis ponsel pintar dan pelanggan kami. Silakan rujuk panggilan pendapatan Q2 kami untuk informasi lebih lanjut. Nantikan jajaran produk kami di tahun 2024,” Ungkap Asus dalam keterangan pers resminya.

Pihak Asus juga menambakan, mereka akan tetap melanjutkan produksi smartphone mereka yakni Zenfone Series dan ROG Phone. Di Indonesia, Asus ROG Phone 7 telah dirilis sejak Juli 2023, tidak terlalu lama dari rilis global pada bulan Mei silam. Namun sepertinya masih butuh waktu lama bagi Zenfone 10 untuk masuk Indonesia seperti Zenfone 9.


Tag

Kevan Revanda H

Manusia biasa yang kadang gatel pengen nulis