Chery Omoda 5 RZ, yang punya tampilan yang tak jauh berbeda dibanding Omoda 5 GT (Foto oleh Dio Puja Altha)

Chery Indonesia Resmi Hadirkan Versi Kencang dari Omoda 5!

Otomotif 29 Sep 2023

Mediaformasi.com - Setelah sukses dengan Omoda 5 yang menghadirkan mobil sekelas Honda HR-V RS dengan harga yang setara dengan Honda HR-V SE, Chery Indonesia nampaknya tidak selesai dengan hal ini. Pasalnya pada hari ini (29/9), mereka meluncurkan Omoda 5 versi Absolute Banger alias Omoda 5 GT 1.6!

Mengapa disebut sebagai Absolute Banger? Karena dengan harga yang lebih murah dari sebuah HR-V RS, kalian bisa mendapatkan mobil dengan mesin 1.600 cc turbo yang punya tenaga lebih besar dari 1.500cc turbo-nya HR-V RS (197 dk di Omoda 5 GT vs 182 dk di HR-V RS), transmisi DCT dan ada varian dengan penggerak AWD yang mana di kelas ini baru Subaru Crosstek saja yang menggunakan AWD. Dengan spek seperti itu, tentu Honda HR-V RS dan Subaru Crosstek berpotensi akan ketar-ketir melihat spek dari Omoda 5 GT.

Secara desain, memang tidak ada hal yang berbeda jauh dibanding Omoda 5 Z dan Omoda 5 RZ, kecuali pada badging dimana Omoda 5 GT tidak menggunakan badge Chery dan memilih untuk menggunakan badging Omoda tanpa menggunakan badge Chery. Hal seperti ini juga pernah terjadi di Omoda 5 spek Meksiko dimana saat awal perilisannya di Desember 2022, ia dikenali sebagai Chery Omoda 5, kemudian di bulan Mei 2023, Omoda 5 di Meksiko berganti nama menjadi Omoda C5 tanpa menggunakan badge Chery agar menegaskan bahwa Omoda sendiri merupakan sub-brand di bawah naungan Chery.

Selain itu, aksen merah yang ada di Omoda 5 RZ pun diganti dengan aksen orange di Omoda 5 GT.  Selebihnya, ia tak berbeda jauh dibandingkan Omoda 5 biasa.

Dan seperti yang dikatakan di atas, salah satu alasan mengapa Omoda 5 GT ini dipanggil Absolute Banger ini adalah harganya yang sangat sangat menarik untuk mobil dengan tenaga sebesar ini di kelasnya. Dengan harga mulai dari 448.8 juta untuk varian FWD dan 488.8 juta untuk varian AWD, Omoda 5 GT ini benar-benar menjadi ancaman serius bagi Honda HR-V RS yang dijual seharga 500 jutaan untuk varian berpenggerak FWD saja.

Jadi, apa pendapatmu tentang Omoda 5 GT ini?

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja