Sumber: Press Release

Lomba Komik Mangaka Fire 7 Indonesia: Total Hadiah 55 Juta Rupiah!

Pop Kultur 8 Sep 2023

Perkembangan industri kreatif komik di Indonesia semakin tak terbendung, dengan ribuan karya dari para komikus di seluruh negeri yang terbit setiap harinya.

Salah satu pendorong lahirnya karya komik terbaik di Indonesia adalah platform komik online Koomik dan KMI (Komunitas Mangaka Indonesia) yang masih terus aktif mendukung para komikus tanah air.

Melihat besarnya potensi para komikus dalam negeri, Koomik dan KMI kembali mempersembahkan lomba komik terbaik bertajuk Mangaka Fire 7. Mangaka Fire 7 digelar secara online pada tanggal 24 Agustus hingga 7 Oktober 2023.

Sumber: Press Release

Lomba komik terbaik yang telah diadakan selama 7 tahun ini selalu mengusung kebebasan kepada para komikus untuk melahirkan karya terbaiknya. Ajang ini tidak hanya menjadi lomba saja, namun juga menjadi sebuah panggung gemilang yang mendukung kreativitas tanpa batas dari komikus di seluruh penjuru tanah air.

Memberikan kebebasan untuk lahirnya komik terbaik dari Tanah Air

Sumber: Press Release, Photo: Brian Tanutama Zunaedy selaku founder KMI

Brian Tanutama Zunaedy selaku founder KMI dan platform Koomik menyatakan bahwa Mangaka Fire 7 ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan kebebasan kepada setiap komikus Indonesia untuk mengekspresikan diri mereka.

"Harapannya dari kebebasan yang diberikan (dari kompetisi ini) bisa muncul berbagai IP (Intellectual Property) yang unik yang dapat dikembangkan oleh para komikus yang ikut serta." - Brian Tanutama Zunaedy, founder KMI tuturnya.

Tema utama yang diangkat oleh Mangaka Fire 7 kali ini adalah “Radical Dreamer”. Tema ini dipilih untuk menggambarkan semangat sejati para komikus di Indonesia, yaitu mereka yang tanpa ragu melangkah dan terus berjuang mewujudkan mimpi mereka dalam ekosistem industri kreatif yang terus berubah.

Apa saja kategori yang dilombakan dan bagaimana cara untuk mengikuti Mangaka Fire 7?

Sumber: Press Release

Ada dua kategori utama yang bisa diikuti oleh para peserta dalam lomba komik Mangaka Fire 7 yaitu kategori cetak dan kategori webtoon.

Dalam kategori cetak, peserta memiliki kebebasan untuk menciptakan komik dengan format hitam-putih, dengan jumlah halaman berkisar antara 16 hingga 48 halaman. Sementara itu, dalam kategori webtoon, peserta dapat membuat komik dengan panjang minimal 30 panel dan maksimal 60 panel, baik dalam format gambar hitam putih atau penuh warna, sesuai dengan kebutuhan cerita yang mereka buat.

Peserta boleh mendaftar sebagai individu atau sebagai tim. Peserta juga bisa mengikuti kedua kategori yang ada dan bisa mengirimkan lebih dari satu karya di masing-masing kategori. Aturan lengkap mengenai tata cara mengunggah komik bisa dibaca langsung melalui situs Koomik.

Masa pengiriman karya untuk kompetisi Mangaka Fire 7 telah dibuka sejak tanggal 24 Agustus hingga 7 Oktober 2023. Setelah periode pengiriman ditutup, juri akan melakukan penilaian komik dari tanggal 8 Oktober hingga 14 November 2023. Pengumuman para pemenang akan dilakukan dalam acara Comic Paradise yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 18-19 November 2023 di Jogja.

Total hadiah 55 juta Rupiah untuk mendukung karya komikus Indonesia agar bisa mendunia!

Tahun ini, Mangaka Fire 7, didukung oleh sponsor-sponsor yang luar biasa, sehingga karya setiap teman-teman akan dilihat bukan hanya secara lokal tapi juga internasional.

Total hadiah sebesar 55 juta Rupiah dipersembahkan oleh Koomik dan KMI sebagai penyelenggara serta dukungan dari HIVE, by.U, Clip Studio Paint, dan TipTip sebagai sponsor utama.

Berikut ini adalah detail hadiah yang bisa diraih oleh para peserta dari kedua kategori:

● Juara I - uang tunai Rp10.000.000 + 12-month Clip Studio Paint EX + Piala Spesial
● Juara II - uang tunai Rp7.000.000 + 12-month Clip Studio Paint EX
● Juara III - uang tunai Rp4.000.000 + 12-month Clip Studio Paint EX
● Juara IV dan V - uang tunai Rp2.000.000 + 12-month Clip Studio Paint EX
● Juara Favorit - uang tunai Rp2.500.000

Didukung oleh dewan juri dari komikus yang kredibel!

Untuk mencari komikus terbaik di tanah air, Mangaka Fire 7 menggandeng para komikus berbakat yang telah terbukti menjadi tonggak terdepan industri komik Indonesia sebagai dewan juri.

Ada tiga juri yang terlibat dalam kompetisi ini yaitu Sweta Kartika (kreator Grey & Jingga, H2O Reborn, & Journal of Terror), Kurnia Harta Winata (kreator Pupus Putus Sekolah dan Hingga Usai Usia), dan S.M.S (illustrator seri webtoon Terlalu Tampan).

Sebagai “Indonesia Best Comic Competition”, sudah menjadi keharusan bagi Mangaka Fire untuk menggandeng para komikus terbaik sebagai dewan juri. Ketiga juri ini memberikan penilaian berdasarkan dua aspek utama yaitu 50% untuk aspek cerita dan 50% untuk aspek gambar (visual).

Pemenang juara favorit ditentukan berdasarkan jumlah pembelian terbanyak di tiptip.

Kontak dan Informasi lebih lanjut tentang event Mangaka Fire 7

Informasi dan detail lebih lanjut mengenai event ini bisa langsung disimak pada situs resmi mangakafire.com . Untuk para peserta yang membutuhkan bantuan lebih lanjut juga bisa menghubungi tim KMI melalui platform WhatsApp, Facebook, Instagram, serta Discord.

-) WhatsApp: +6285179620080
-) Facebook: https://www.facebook.com/groups/komunitas.mangaka.indonesia
-) Instagram: https://www.instagram.com/koomik.id/
-) Discord: https://discord.gg/aHDAvutNMD

Sumber: Press Release

Tag

Reza Lyon Kurniawan

Saya suka perkembangan teknologi dunia, saya juga suka nonton animasi jepang kok hehehe