iPhone 5, yang penting iPhone (Sumber: Istimewa)

[Fokus] Ngebet Banget Punya iPhone? Perhatikan Beberapa Faktor Berikut!

Teknologi 20 Okt 2023

Kamu ingin meningkatkan level gengsi kamu dengan iPhone? Atau kamu takut FOMO dari teman se-circle kamu yang sudah pakai iPhone berkamera boba? Saat ini, banyak sekali tempat yang menjual iPhone dari berbagai rentang harga dan dengan kondisi yang beragam.

Mulai dari yang mulus, rekondisi, atau bahkan yang hanya dapat menggunakan jaringan Wi-Fi, semua ada mulai dari harga merakyat lagi bersahabat. Tapi, sebelum kamu memutuskan untuk join the bandwagon, kamu perlu banget memperhatikan beberapa hal berikut!

Awas Kena Red Flag!

Here's the deal. Meskipun iPhone yang ditawarkan cukup murah, namun kamu harus perhatikan, apakah kondisi iPhone itu masih layak untuk jadi daily driver kamu atau cuma jadi pajangan. Mengingat, tidak semua iPhone yang dijual masih bisa digunakan sebagai ponsel harian kamu.

Ada yang jaringannya cuma bisa menggunakan satu provider saja, atau bahkan cuma bisa memakai jaringan Wi-Fi, ada juga yang iCloud nya terkunci, bahkan masih banyak beredar iPhone yang sudah tidak mendapat update iOS lagi, sehingga beberapa aplikasi tak bisa lagi berfungsi. Red flag banget gak sih?

iPhone dengan harga satu hingga lima jutaan kemungkinan besar masuk dalam kategori red flag ini, terlebih banyak yang memiliki ciri-ciri seperti yang sudah dipaparkan di atas. Masih mau?

Beberapa iPhone di kisaran lima jutaan memang masih ada yang mendapat update iOS, namun umurnya bisa jadi tidak panjang. Ada yang bahkan mungkin di tahun depan bakal di-drop dari dukungan iOS terbaru. Memang, iPhone memiliki reputasi baik dalam dukungan sistem operasinya. Mereka memberi dukungan update OS yang cukup panjang.

Jangan Asal Beli Walau Budget Mencukupi

Namun, kamu jangan asal beli walaupun murah. Jangan lupa untuk terus update seputar iPhone seri berapakah yang bakal di-drop di versi iOS terbaru kedepannya. Sekali dukungan OS di-drop, maka dukungan aplikasinya juga ikut di-drop cepat atau lambat. Safe bet nya ada pada iPhone yang punya usia 2-3 tahun dari tahun rilis resminya.

Selain soal umur iPhone, masalah penyimpanan juga sangat krusial, apalagi buat kamu yang suka eksis dan jepret foto kapanpun dan dimanapun. iPhone hingga saat ini tidak memiliki opsi penyimpanan eksternal, dan hanya penyimpanan cloud yang bisa kamu percayai. Kamu bisa saja menggunakan iCloud, namun akan lebih bagus kalau kamu bisa menyimpan di layanan cloud storage yang menawarkan kapasitas yang lebih besar.

Kalau kamu punya budget yang cukup banyak, kamu bisa langsung membidik iPhone terbaru atau yang umurnya masih 1 tahun. Tentunya dalam kondisi baik, bukan rekondisi, iCloud terkunci, atau bahkan, Wi-Fi only.

Androids Are Still A Good Deal

Kalau kamu akhirnya pasrah dan memilih untuk mencari Android, banyak kok ponsel Android dengan spesifikasi yang baik, dengan kondisi terbaik, desain unik, dan dengan harga yang lebih murah, sesuai dengan kondisi keuangan kamu yang suka jajan seblak dan bubble milk. Apalagi, dengan hasil jepretan kamera yang ciamik, bisa jadi kamu bakal tertarik.

Jadi, masih pengen beli iPhone?

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.