Para cosplayer dan pengunjung di event Kaguya Festival Yogya di Sukabumi pada hari Minggu, 29 Oktober 2023 (Foto: Instagram/@anne_photographylow)

Rayakan Hari Jadi ke-41, Bagaimana Keseruan di Kaguya Festival Yogya Sukabumi?

Pop Kultur 30 Okt 2023

Belakangan ini, ada tren yang cukup menarik yang diikuti oleh beberapa department store di Sukabumi. Dengan popularitas media Asia yang kian populer dengan kalangan anak muda di Indonesia, terutama media Jepang, department store di Sukabumi pun mulai mengadakan ajang-ajang perwibuan. Toserba Yogya Kota Sukabumi tidak ingin kelewatan dengan tren ini.

Merayakan hari jadi yang ke-41, Toserba Yogya Kota Sukabumi menggelar Kaguya Festival: Kuliner Asia Gebyar Ulang Tahun Yogya pada Minggu, 29 Oktober lalu. Acara utama dari pergelaran ini adalah kompetisi anisong dan coswalk.

Herta sebagai MC! @nmcossha Foto: Istimewa/Ibrahim Gustav Amany

Kompetisi Anisong yang Panas nan Bergairah!

Meskipun pergelarannya tergolong cukup sederhana di cuaca yang relatif panas, namun antusiasme dari pengunjung tetap tinggi.

Dipandu oleh @cangkududaddy dan @nmcossha sebagai pemandu acara, Kaguya Festival dimulai dengan kompetisi anisong yang energetik.

Dari Kokoro no Tomo hingga Unravel, ada sesuatu untuk para audiens di kompetisi ini baik untuk wibu tua maupun muda. Sayangnya, ada masalah teknis dengan audio di awal kompetisi sehingga suara instrumental dari lagu jauh lebih keras dari suara vokal para peserta. Meskipun masalah ini cepat ditanggapi oleh pihak panitia, kami menyayangkan bahwa vokal para peserta pertama tidak dapat diapresiasi secara seharusnya.

Penampilan dari juri @fahmisingforfun dan wotagei dari audiens turut memeriahkan acara. Foto: Istimewa/Ibrahim Gustav Amany

Kompetisi anisong ditutup dengan penampilan langsung dari juri @fahmisingforfun yang meluapkan semangat, lengkap dengan Naruto run yang tentunya, wajib diadakan di setiap ajang perwibuan.

Tidak Lengkap Bila Tanpa Cosplay!

Acara lalu dilanjut dengan kompetisi coswalk yang dijurikan oleh @vinv.id lengkap dengan cosplay Kafka yang menawan. Penampilan cosplay dari para peserta pun tidak kalah menawannya.

Tidak hanya peserta kompetisi coswalk saja, pengunjung acara juga turut memeriahkan ajang ini dengan cosplay masing-masing.

Seperti Apa Acara Perwibuan di Sukabumi? Kami Wawancarai MC nya Langsung!

Kami sempat berbincang dengan sang MC @cangkududaddy untuk membahas perwibuan di Sukabumi Foto: Istimewa/Ibrahim Gustav Amany

Kami juga sempat berbincang dengan pembawa acara @cangkududaddy untuk membahas perjalanannya menjadi MC, Kaguya Fest, dan acara budaya Jepang di Sukabumi.

Sebelumnya, silahkan kakak untuk memperkenalkan diri.

Nama saya Azmi dan saya adalah penggiat budaya Jepangan.

Apakah kakak sudah lama menjadi penggiat budaya Jepang?

Kalau dibilang sudah lama, saya sudah cukup lama. Namun untuk terlibat di event saya baru memulai baru-baru ini.

Bagaimana kakak memulai menjadi MC di event Jejepangan?

Sebetulnya berawal dari dorongan. Waktu itu saya sudah lama sering terlibat di Aru no Matsuri dan berbagai acara Jepangan yang ada di Sukabumi. Dalam suatu waktu saya pernah didorong untuk menjadi MC.

Dari situ saya merasa bahwa "Oh, ini cocok untuk saya."

Bagaimana pesan dan kesan kakak untuk ajang Kaguya Festival ini?

Intinya, acaranya bagus. Cuman, saya harapkan persiapannya lebih matang dalam berbagai hal [...] dan bisa lebih kolaboratif.

Sebagai MC, apakah kakak mempunyai kesan tentang audiens yang hadir pada hari ini?

Wah, kalau audiens, kita bersyukur banget buat jadi MC acara buat audiens yang cukup responsif dengan gerakan dari kita. Misalnya waktu kita ajak nyanyi, mereka ikut nyanyi.

Circle-circle yang turut hadir pada Kaguya Festival Foto: Istimewa/Ibrahim Gustav Amany

Meskipun mungkin ini bukan acara khusus Jepangan yang didekasikan untuk anak-anak Jepangan yang benar-benar into Japanese culture, jadi sebenarnya masih ada yang malu-malu.

Apakah kakak mempunyai harapan tipe acara Jepangan yang bisa diadakan di Sukabumi?

Jelas. Aku selalu berharap bahwa kreatifitas kita itu diberi wadah.

Karena kan begini, acara Jepangan itu adalah salah satu wadah kreatifitas untuk anak-anak muda. Makanya saya sangat antusias kalau ada event apapun yang mewadahi seperti itu terutama dari Jepangan seperti cosplay, anisong, dan lain lain.

Saya ingin di Sukabumi untuk lebih banyak event yang terus mewadahi hal-hal tersebut.

Terakhir, apakah kakak mempunyai pesan untuk para wibu di Sukabumi?

Tetap gila, stay insane, tetap jadi audiens yang poten [...] Jangan menahan diri, jangan malu-malu, karena lu lagi ada di acara Jepangan, lu sedang ada di elemen lu.

Foto-foto Keseruan di Kaguya Festival!

Keseruan di Kaguya Festival ini hanyalah satu dari banyak lagi ajang-ajang Jejepangan yang akan hadir di Sukabumi, bagi #MedForians yang suka budaya Jepang dan tinggal di kota Mochi ini, see you all there!

Tag

Ibrahim Gustav Amany

Doujin music and light novel fan.