Sumber: India Today

Siap Saingi SD Card, Yuk Kenalan dengan Nano Memory Huawei (NM)

Teknologi 11 Okt 2023

Bukan pertama kalinya Huawei ingin buat persaingan dengan Harmony OS-nya. Sebelumnya chip Kirin-nya saja sudah overpower membuat pesaingnya kewalahan. Dan pada bulan Oktober 2018 Huawei lagi-lagi membuat trobosan yang tak terpikirkan yakni membuat sebuah expandable storage khusus ponsel pintar dengan bentuk SIM card yaitu Nano Memory.

Fitur NM card

Nano Memory atau juga bisa disebut NM card, nano card ini adalah besutan Huawei yang lebih kecil 45% dari SD Card. Seperti namanya NM card ini muat di slot SIM card.

Yang ditawarkan oleh Huawei oleh NM card ini bukanlah sebuah speed yang kencang tapi fleksibilitas expandable storage yang bisa menempati slot SIM card. Produsen tidak perlu untuk membuat slot khusus SD card dan bisa menempati slot yang ada. NM card menggunakan protokol eMMC 4.5 flash storage yang bisa mencapai 90MB/s untuk kecepatan membaca. Namun saat ini sudah ada produsen storage yakni Lexar yang merilis NM card dengan protokol eMMC 5.1 flash storage yang bisa mencapai kecepatan membaca 90MB/s dan menulis sampai 85MB/s, cukup untuk merekam video 4K.

Sebelumnya storage NM card terbatas hanya pada 64GB, 128GB dan 256GB. Tetapi sekarang produsen Lexar membuat terobosan yang baru yakni mencapai 512GB.

Kekurangan NM card

NM card ini cukup menarik perhatian karena pada saat ini banyak smartphone yang tidak disediakan slot SD card alias mengandalkan build-in storage ataupun cloud storage. Dengan fleksibilitas bentuk dan fungsi NM card menawarkan banyak kelebihan ketimbang SD card. Walapun kekurangan yang ada saat ini adalah kecepatan dan rumitnya desain komponen ketimbang SD card.

Makanya dari itu hanya Huawei dan Lexar saja yang berani membuat NM card karena membuat komponennya saja sudah memakan banyak biaya daripada membuat SD card.

Sumber: website Huawei 

NM card saat ini bersifat eksklusif yakni hanya didukung perangkat Huawei langsung. Belum ada produsen smartphone lain yang mau membeli paten dari Huawei ini untuk dipasangkan di perangkat barunya.

Sumber:GSMArena, The Times of India, IDN Times

Tag

Rizky Aufa Febrianto

Suka fotografi dan gambar anime, gaming tipis-tipis