Gambar pengumuman resmi dibatalkannya acara E3 secara permanen (Foto: X/@E3).

Acara Pameran E3 Resmi Dihentikan Setelah 28 Tahun Berjalan

Gaming 13 Des 2023

Pada hari Selasa (12/12), Entertainment Software Association (ESA) mengumumkan secara resmi bahwa acara permainan video E3 (Electronic Entertainment Expo) secara permanen dibatalkan.

Melalui pesan di Twitter, ESA menyatakan,

"Setelah lebih dari dua dekade E3, setiap tahunnya semakin besar, saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal. Terima kasih atas kenangan-kenangan indah. GGWP (good game, well played)."
TikTok Shop Kembali? Bytedance Suntik Dana Setara 75% Saham Tokopedia Senilai Rp23,53 Triliun
Resmi! TikTok kucur Rp23,53 trilliun demi buka akses e-commerce Indonesia melalui pembelian saham mayoritas sebesar 75% di GoTo. Seperti apa masa depan e-commerce Indonesia setelah kemitraan ini terlaksana?

Hilangnya Minat ke Acara E3 dan Masalah Pandemi

Pada bulan September, GamesIndustry.biz melaporkan bahwa penyelenggara PAX, ReedPop, dan ESA telah berpisah dengan "keputusan bersama" dan ReedPop tidak akan bekerja pada acara E3 di masa depan.

Saat itu, ESA masih merencanakan acara E3 untuk tahun 2024, tetapi tidak berencana kembali ke Los Angeles Convention Center tahun depan.

Sebelumnya, ESA telah mengumumkan bahwa mereka akan bermitra dengan ReedPop untuk menghadirkan kembali acara E3 secara tatap muka tahun ini pada tanggal 13-16 Juni, tetapi ReedPop kemudian mengumumkan pembatalan untuk versi fisik dan digital E3 2023.

Nintendo sudah mengonfirmasi pada bulan Februari kepada beberapa media permainan bahwa mereka tidak akan menghadiri acara E3 2023.

Gak Pusing Main Gim dengan Game Turbo di POCO X5 5G dan POCO M5
Tidak perlu khawatir dengan stuttering dan lag, karena fitur Game Turbo hadir di POCO X5 Pro 5G dan POCO M5. Main Mobile Legends sampai Genshin Impact, lancar!

Microsoft Xbox juga mengonfirmasi pada bulan Maret kepada IGN bahwa mereka tidak akan berpartisipasi dalam E3 tahun ini, tetapi akan mengadakan Xbox Games Showcase pada 11 Juni, dan akan menyiarkan acara tersebut sebagai bagian dari E3 Digital (sebelum pengumuman pembatalan acara).

Perusahaan pengembang dan penerbit permainan SEGA serta perusahaan anak perusahaan Tencent, Level Infinite, juga telah mengonfirmasi kepada IGN pada bulan Maret bahwa mereka tidak akan menghadiri E3 2023.

Terakhir Diselenggarakan di Tahun 2019

ESA membatalkan acara E3 2022 tatap muka pada bulan Januari 2022 karena "risiko kesehatan seputar" penyakit baru coronavirus (COVID-19). Mereka kemudian membatalkan komponen digitalnya juga.

ESA menyatakan pada saat itu bahwa mereka akan kembali pada tahun 2023 dengan "pameran yang dihidupkan kembali" "langsung dari Los Angeles."

E3 terakhir diadakan secara fisik pada tahun 2019, sebelum pandemi COVID-19. Sony menolak untuk tampil di E3 pada tahun 2019 dan tidak muncul sejak saat itu.

Acara E3 pertama kali berlangsung pada Mei 1995. Keputusan pembatalan ini menunjukkan perubahan besar dalam industri game dan mendapat berbagai reaksi dari para penggemar dan pelaku industri.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast