Transformasi dari FFWS pada Tahun 2024 (Foto: Siaran Pers)

Evolusi Esports Free Fire 2024: Seri Turnamen FFWS Hadir ke Tingkat Regional dan Lokal di Indonesia

Gaming 26 Des 2023

Garena, developer sekaligus publisher game terkemuka, siap meluncurkan transformasi signifikan untuk meningkatkan ekosistem esports Free Fire pada tahun mendatang.

Inisiatif ini mencakup perluasan merek Free Fire World Series (FFWS) yang akan diterapkan dalam turnamen Free Fire di tingkat regional dan lokal di Indonesia, menjadi bagian integral dari Roadmap Free Fire Esports Global 2024.

Turnamen Regional Baru akan Hadir untuk Asia Tenggara

FFWS akan Hadir untuk Wilayah Asia Tenggara pada Musim Semi dan Gugur (Foto: Siaran Pers)

Mulai tahun depan, Garena akan meluncurkan turnamen baru yang diberi nama FFWS Southeast Asia (SEA) 2024. Kompetisi ini akan mengadopsi format liga regional yang mempertemukan tim dari Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Kehadiran turnamen regional ini diharapkan akan meningkatkan intensitas persaingan dan mendukung perkembangan bakat esports di masing-masing negara.

Seri FFWS SEA akan diadakan dua kali setahun dengan gelaran FFWS SEA Spring 2024 dan FFWS SEA Fall 2024. Yang pertama, FFWS SEA Spring 2024, dijadwalkan berlangsung pada Maret-Mei 2024.

Turnamen ini akan melibatkan 18 tim, dengan perincian 15 tim berasal dari Indonesia (5), Thailand (5), dan Vietnam (5), serta 3 tim lainnya dari Malaysia.

Kedua turnamen FFWS SEA ini akan berfungsi sebagai kualifikasi menuju FFWS Global 2024, turnamen Free Fire tertinggi berskala dunia yang akan diselenggarakan pada November 2024.

Pada FFWS SEA Spring 2024, setiap negara seperti Indonesia, Thailand, dan Vietnam akan mengirimkan 3 tim melalui undangan langsung dan 2 tim melalui jalur kualifikasi nasional masing-masing.

Di sisi lain, Malaysia akan menyertakan 2 tim melalui undangan langsung dan 1 tim melalui jalur kualifikasi, yang sebelumnya dikenal sebagai MCPS Majors.

FFWS SEA Spring 2024 akan dimulai pada tanggal 22 Maret 2024, berlangsung hingga 26 Mei 2024, dengan total hadiah sebesar US$300.000.

Turnamen ini akan berlangsung secara daring selama enam pekan, mengakhiri rangkaian pertandingan dengan Grand Finals yang akan dilaksanakan secara offline pada tanggal 24-26 Mei 2024.

Yuk Intip Roadmap Esports Indonesia di Tahun 2024

Kompilasi Tournament FFWS yang Akan Dilaksanakan pada Tahun 2024 (Foto: Siaran Pers)

Perubahan besar akan terjadi dalam Roadmap Free Fire Esports Indonesia pada tahun 2024. Mulai tahun depan, seri turnamen Free Fire Master League (FFML) akan mengalami transformasi menjadi seri turnamen FFWS Indonesia.

FFWS Indonesia akan menjadi turnamen tertinggi dalam hierarki Free Fire di Indonesia dan akan terintegrasi dengan seri FFWS SEA.

Dengan kata lain, FFWS Indonesia akan berfungsi sebagai turnamen kualifikasi bagi tim Indonesia untuk dapat mengikuti FFWS SEA.

FFWS Indonesia akan diselenggarakan dua kali setahun, yakni FFWS Indonesia Spring 2024 dan FFWS Indonesia Fall 2024. Dengan mengedepankan nilai inklusivitas, FFWS Indonesia akan tetap mempertahankan Free Fire Nusantara Series (FFNS) sebagai tahap kualifikasi.

Langkah ini diambil untuk meneruskan semangat dan nilai-nilai yang telah diterapkan sejak seri FFML, yaitu memberikan kesempatan kepada semua pemain untuk bersaing di panggung esports profesional, baik dalam negeri maupun di tingkat regional.

Mengarungi Perjalanan Panjang Menuju FFWS Indonesia Spring 2024

Rangkaian babak kualifikasi menuju FFWS Indonesia Spring 2024 telah resmi dimulai melalui turnamen Free Fire Nusantara Series (FFNS) 2, yang saat ini tengah berlangsung.

Turnamen ini memberikan akses melalui berbagai jalur kualifikasi bagi tim profesional dan komunitas, mulai dari jalur Open Qualifier, City Qualifier, hingga Guild War.

Serangkaian FFNS 2 akan mencapai puncaknya dengan babak Main Stage, di mana 18 tim dari seluruh jalur kualifikasi akan bersaing memperebutkan slot FFWS Indonesia Spring 2024.

Dari total tersebut, 12 tim berasal dari City Qualifier, 2 tim dari Open Qualifier, 2 tim dari Guild War Qualifier, dan 2 tim memperoleh Golden Ticket.

Jalur kualifikasi Guild War telah dimulai sejak 11 November 2023 dan akan berakhir pada 23 November 2023. Sementara itu, jalur Open Qualifier dimulai lebih awal, yakni pada 9-17 Desember 2023.

Jalur kualifikasi terakhir, yaitu City Qualifier, dimulai pada 23 Desember 2023 hingga 14 Januari 2024. City Qualifier diadakan di 72 kota di seluruh Indonesia, mencakup wilayah Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

Ikuti terus perkembangan lainnya tentang Free Fire Esports ID secara umum melalui laman YouTube, Facebook, TikTok, Instagram dan website resmi.

Tag

Rilia

i love rhythm games and their stuffs, thats it.