Generasi Terbaru Honda Accord spek Amerika Serikat (Honda Newsroom)

Hadir Lebih Modern, Generasi Terbaru Honda Accord Resmi Diperkenalkan di Indonesia, Ini Fitur Menariknya

Otomotif 7 Des 2023

Mediaformasi.com - Honda Accord merupakan salah satu produk legendaris Honda di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sedan ini juga merupakan salah satu produk pertama Honda di Indonesia pada era 70-an.

Diperkenalkan pada 1978, Honda Accord menjadi produk Honda yang masih dijual hingga saat ini. Dalam perkembangannya, Honda Accord telah mengalami banyak perubahan untuk mengikuti perkembangan zaman yang kian maju.

Dimulai dari sebuah sedan tiga pintu yang dibekali mesin 1.600 cc dan transmisi manual 5-percepatan, hingga menjadi sebuah sedan yang dibekali mesin 1.500cc turbo bertransmisi otomatis.

Honda Accord di zaman sekarang adalah sebuah midsize sedan yang bersaing dengan beberapa kompetitor di kelasnya, seperti Toyota Camry dan Mazda 6. 

Setelah menghadirkan 10 generasi sejak 1978, Honda Accord di Indonesia akan memulai era baru di generasi ke-11 pada hari ini, Kamis, 7 Desember 2023.

Generasi ke-11 ini sebelumnya sudah diperkenalkan di Thailand pada September 2023, dan di Amerika Serikat pada November 2022.

Di era baru ini, Honda Accord akan memiliki dapur pacu dengan teknologi yang sama seperti Honda CR-V yang juga telah memasuki era baru sejak 3 bulan silam.

Mesin 2.000 cc dengan teknologi e:HEV atau hybrid ini mampu menghasilkan tenaga sampai 207 PS dari kombinasi tenaga mesin bensin dan motor listiknya.

Mesin bensinnya sendiri mampu menghasilkan tenaga 147 PS di 6.100 rpm, sementara motor listriknya menghasilkan tenaga 184 PS di 5.000-8.000 rpm.

Meskipun ia punya tenaga yang cukup besar, konsumsi bahan bakarnya bisa dibilang cukup irit. Di CR-V sendiri, mesin hybrid ini bisa menghasilkan konsumsi rata-rata di 18,3 km/l sampai 22,6 km/l.

Kembali soal Accord, sedan ini hadir dengan desain yang lebih sleek dan tetap elegant berkat penggunaan desain grille baru, lampu LED dengan DRL yang memberikan kesan yang lebar serta roof line ala fastback yang menegaskan kesan premium.

Di interiornya, penggunaan layar instrumen digital 10,2 inchi dan head unit 12,3 inchi yang terintegrasi dengan fitur-fitur Google seperti Google Assistant, Google Maps dan Google Play membuatnya menjadi lebih modern.

Penggunaan bahan premium juga memberi kesan mewah sekaligus sporty yang cukup dominan di mobil ini.

Kendati demikian, Accord juga menghadirkan panoramic sunroof, memory seat, wireless charger, ambient lamp, dan 12 buah BOSE Premium Speakers.

Soal fitur keselamatan, Honda Sensing menjadi fitur keselamatan yang standar di mobil ini, di samping adanya 8 airbag, Honda Lanewatch, kamera 360 derajat, ABS, ESC, kontrol traksi dan lain sebagainya.

Tak seperti generasi sebelumnya yang menghadirkan varian bermesin turbo, Accord generasi ke-11 ini hanya datang dalam varian RS e:HEV saja.

Dengan hadirnya teknologi e:HEV ini, harga jual mobil ini pun menjadi Rp 959,9 juta dari yang sebelumnya seharga Rp 787,3 juta.

Hadirnya Accord generasi ke-11 ini merupakan bentuk dukungan Honda terhadap program elektrifikasi kendaraan di Indonesia setelah sebelumnya jenama tersebut menghadirkan CR-V e:HEV pada GIIAS 2023 silam.

Selain itu, kehadiran Accord dalam varian RS ini juga menambah lini produk RS Honda di Indonesia selain City Hatchback, Brio, WR-V, CR-V dan Civic.***

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja