[Review] The Tunnel to Summer, the Exit of Goodbyes, Romansa Indah, Kesetiaan itu Utama

Review 9 Des 2023

Terowongan Urashima meruapakan terowongan yang bisa mengabulkan semua permintaan kamu. Tapi dengan syarat umur kamu yang cepat menua atau waktu di luar saat kamu memasuki terowongan tersebut akan sangat cepat.

Pembukaan

Di pembukaan film kamu akan ditampilkan sebuah vibes Jepang yang sedang diguyur hujan dengan alunan musik dari eill berjudul 'Katappo' yang akan membangkitkan mood-mu untuk semakin masuk ke dalam film.

Sebuah pembukaan penceritaan Touno yang duduk di bangku SMA. Pendiam, cool dan suka mendengarkan musik.

Pertemuan yang Memulai Petualangan Mereka

Diawali dengan pertemuan saat hujan Touno menyodorkan payung kepada Hanashiro yang basah kuyup di stasiun kereta tempat terpencil. Awalnya Hanashiro membalasnya dengan dingin karena curiga dengan Touno. Namun saat Touno mengatakan bahwa "bagus sekali" tidak punya orang tua, Hanashiro merasa bahwa Touno tahu kondisinya dan menerima payungnya itu.

By the way payungnya lah yang akan menjadi penghantar mereka menuju romansa.

Romansa yang Menarik tapi Kurang Development

Romansanya menarik apalagi dibarengi dengan lagu yang begitu asmara dari eill. Tapi pada dasarnya romansaynya agak kurang development di mana cerita dimulai karena ada keinginan masing-masing dari dua tokoh utama,. Touno ingin Karen kembali sedangkan Hanashiro ingin lembaran manga yang ia buat kembali.

Tidak ada development dari cerita cinta mereka di mana tidak ada satupun yang mulai suka. Yah, hanya adegan jatuh dari tebing yang membuat romansanya agak tertolong. Walaupun begitu, mereka berdua ingin mengetahui satu sama lain yang membuat kesan adanya cinta dari salah satu mereka.

Penulis hanya merasakan adanya tekanan dari latar belakang mereka yang hampir persis sama, yaitu korban broken home.

Pada saat Hanashiro mendapatkan apa yang ia miliki dengan bantuan Touno dan ingin melakukan hal sebaliknya pada Touno, Touno menolak untuk mengajak Hanashiro untuk membantunya membawa adiknya kembali. Sedikit terasa romansa di sini karena tahu bahwa ia tidak ingin Hanashiro terlibat lebih jauh. Payungnya jadi lupa untuk dikembalikan ke Touno.

Suspense terasa ketika Touno dengan sengajanya masuk sendirian ke terowongan Urashima. Hanashiro merasakan bahwa Touno adalah hal berharganya juga. Touno ingin Hanashiro melakukan apa yang seharusnya dirinya lakukan yaitu membuat manga.

Kesetiaan Hanashiro

Kesetiaan Hanashiro bisa dilihat ketika ia tetap melanjutkan karirnya sebagai mangaka. Ia juga menunggu Touno keluar dan ingin mengembalikan payungnya. Tiap hari ia mengirim SMS untuk Touno tentang progress kehidupannya.

Suspense kembali hadir ketika Touno tahu bahwa yang ia butuhkan sekarang bukanlah Karen yang sudah tiada. Ia disadarkan Karen bahwa Hanashiro-lah yang ia butuhkan karena mengerti tentang dirinya.

Hanashiro selalu membawa payung yang ia pinjam dari Touno sampai sukses debutnya sebagai mangaka. Deja vu cinta tempat yang diberikan dalam film ini yaitu stasiun tempat mereka pertama kali bertemu.

Mereka bertemu kembali di tempat terowongan Urashima berada. Dan cinta bersemi kembali pada saat itu juga. Walaupun lama menunggu Touno, cinta Hanashiro kepadanya tetap tidak berubah.

Tag

Rizky Aufa Febrianto

Suka fotografi dan gambar anime, gaming tipis-tipis