Logo X atau sebelumnya dikenal sebagai Twitter (Foto: Rizky Aufa)

Siang Ini, Twitter (X) Sempat Down Selama 30 Menit!

Teknologi 21 Des 2023

Salah satu platform media sosial terbesar di dunia, yaitu X (sebelumnya bernama Twitter), mengalami suatu kendala sehingga platform tersebut tidak dapat diakses oleh masyarakat luas pada hari Kamis (21/12) siang.

Berdasarkan pantauan #MedForSquad, platform X sudah mulai sulit diakses dari pukul 12:55 WIB.

Gejala yang dialami mulai dari kesulitan untuk refresh beranda, tidak muncul post atau thread, hingga hanya blank screen pada menu "For You" alias beranda X.

Tangkapan layar terjadinya error pada beranda X (Twitter) di perangkat Android.

Hal yang sama masih terjadi walaupun sudah melakukan clear cache dan force stop aplikasi tersebut. Hal ini juga dialami oleh para pengguna PC, jadi tidak terbatas pada pengguna ponsel saja.

Untuk saat ini belum ada penjelasan tertulis mengenai sulitnya diakses platform media sosial asal Amerika Serikat tersebut.

Pada pukul 13:42 WIB, situs dan aplikasi X sudah mulai dapat diakses dengan pengguna secara bertahap.

Twitter Saat Ini: Larang Share Link Sosial Media dan Blokir Jurnalis Karena Kritikan
Twitter: “Ya gitu deh”

Twitter atau X, Masih Saja Berjaya

Platform media sosial X atau Twitter ini sudah beberapa kali mengalami kendala sulit diakses. Namun, hal ini bisa dikatakan dapat terjadi kapan saja, walau sudah membuat suatu sistem untuk mencegah hal ini terjadi.

Terkadang, suatu platform memerlukan waktu hitungan menit hingga hari untuk dapat menyelamatkan sistem mereka untuk dapat diakses kembali. Hal ini tergantung faktor apa yang menyebabkan masalah ini terjadi.

X sendiri, yang sebelumnya bernama Twitter, telah dibeli oleh Elon Musk pada bulan Oktober 2022 lalu senilai Rp682,5 trilliun. Semenjak itu, terdapat beberapa perubahan pada platform X, seperti lebih gencar "mencari duit" dengan API berbayar, pembelian centang biru, dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2019 lalu, pengguna harian X (Twitter) sendiri terus mencapai peningkatan, dengan tahun tersebut mencetak 145 juta pengguna setiap hari nya di seluruh dunia.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast