ZAP Beauty Index 2024 (Foto : VRITIMES.com)

2024 ZAP & MEN/O/LOGY: Kecantikan Memudahkan Hidup, Kecerdasan Pilihan Utama Pasangan di Indonesia

Review 26 Jan 2024

Jakarta, 26 Januari 2024 - Siapa yang setuju jika menjadi cantik atau ganteng bakal membawa banyak kemudahan hidup? Mayoritas wanita dan pria Indonesia tak ragu dengan hal ini. Mereka meyakini bahwa good looking privilege dan beauty privilege nyata adanya.

Survei ZAP Beauty Index 2024 menunjukkan bahwa 96.2 persen wanita dari Generasi X, Millenial dan Gen Z mempercayai bahwa wanita yang dianggap “cantik” dapat memiliki hidup yang lebih beruntung. Keberuntungan yang dimaksud adalah kesempatan yang lebih besar untuk diperlakukan dengan lebih baik oleh orang-orang sekitar, lebih mudah mendapatkan pasangan, hingga selalu diprioritaskan dalam lowongan pekerjaan lewat syarat klasik “berpenampilan menarik”.

Senada dengan pendapat wanita, para pria Indonesia juga mempercayai adanya good looking privilege. Dari temuan MEN/O/LOGY Index 2024, 87.6 persen pria Indonesia mengamini jika menjadi good looking atau ganteng juga membawa banyak keuntungan.

Image

Lalu, apa sebenarnya arti cantik atau ganteng? Berbeda dengan wanita yang sering mengasosiasikan kata cantik dengan karakteristik fisik, para pria memprioritaskan seluruh penampilan mereka.

MEN/O/LOGY Index 2024 mengungkapkan 23.5 persen pria Indonesia merasa ganteng jika berpenampilan well dressed dan 17.7 persen lainnya merasa ganteng jika bertubuh sehat dan bugar. Selain itu, seiring dengan bertambahnya usia, para pria semakin setuju bahwa memiliki mindset positif membuat mereka merasa tampan.

Dalam memandang daya tarik wanita, rupanya kecantikan fisik bukanlah hal utama bagi pria. Kepribadian dan kepintaran wanita adalah pertimbangan yang utama.

Sebanyak 71.1 persen pria Indonesia yang berpartisipasi dalam survei MEN/O/LOGY Index menjawab jika personality dan attitude wanita adalah hal terpenting. Sementara itu, kepintaran menjadi daya tarik wanita di peringkat kedua dengan persentase 56.2 persen.

ZAP Beauty Index 2024 memotret tren yang sama terkait kecerdasan sebagai daya tarik lawan jenis. Bagi wanita Indonesia, fisik tak lagi menjadi faktor utama dalam memilih pasangan hidup. Sebanyak 65.3 persen wanita Indonesia setuju bahwa kecerdasan merupakan hal terpenting yang harus dimiliki oleh calon pasangan mereka.

Pria tampan belum tentu selalu menjadi pilihan, karena secara fisik, wanita Indonesia lebih menyukai pria yang tinggi dan memiliki wajah yang terawat. Tak kalah penting, 55.6 persen wanita Indonesia lebih memprioritaskan pria yang mapan secara finansial dalam mencari pasangan.

Maka, tak heran jika 68.3 persen pria menjadikan kestabilan finansial sebagai pencapaian/achievement utama mereka saat ini. Kemampuan finansial memang menjadi faktor penting, terutama terkait dengan kesiapan menikah.

Walaupun mungkin para pria relatif setuju jika kestabilan finansial penting untuk melangkah ke jenjang selanjutnya, namun terdapat perbedaan pendapat mengenai usia siap menikah. Masih dari survei yang sama, MEN/O/LOGY Index menemukan jika Gen Z lebih siap membangun rumah tangga di usia yang lebih muda.

Mayoritas pria Gen Z menyatakan siap untuk menikah di rentang usia 26-28 tahun, sedangkan mayoritas Gen X dan Gen Y berpendapat 28-30 tahun merupakan rentang yang lebih baik.

Data-data di atas merupakan beberapa temuan menarik dari ZAP Beauty Index 2024 dan MEN/O/LOGY Index 2024. Dua survei tersebut dilakukan oleh ZAP Clinic bersama MarkPlus dan akan segera diluncurkan pada akhir Januari 2024.

Sejak 2019, ZAP Beauty Index telah menjadi survei pertama dan paling komprehensif yang membahas tentang persepsi dan kebiasaan wanita terkait kecantikan. Sementara itu, MEN/O/LOGY Index menghadirkan data mengenai persepsi, kebiasaan, dan preferensi pria Indonesia dalam merawat diri. Pertama kalinya akan diluncurkan ZAP pada tahun ini, MEN/O/LOGY Index akan menjadi pionir data mengenai perawatan pria di Indonesia.

Penasaran dengan hasil lengkap ZAP Beauty Index 2024 tentang kecantikan dan MEN/O/LOGY Index tentang ketampanan? Sembari menunggu, kamu bisa membaca ZAP Beauty Index terdahulu pada link berikut ini.

Image

About ZAP Clinic

Sejak berdiri pada 2009, ZAP telah berkembang menjadi ZAP Group dengan 5 brand utama yaitu ZAP Clinic, ZAP Premiere, MEN/O/LOGY by ZAP (klinik ketampanan khusus pria), ZAP Health dan skincare Juva yang tersebar di 17 kota. Brand ZAP sendiri telah menjadi satu-satunya klinik kecantikan khusus wanita terbesar Indonesia yang mengutamakan perawatan kulit berbasis teknologi laser.

ZAP telah berhasil memenangkan berbagai macam penghargaan, baik skala nasional seperti Top Brand Awards 2016-2023, Superbrands 2019, Marketing Award 2018, Marketeers Omni Brands 2019 & 2023, TOP Digital Company Award 2021 hingga penghargaan internasional seperti Business Excellence Forums & Awards kategori “Fastest Growing Company”. 

Tentang ZAP MEN/O/LOGY by ZAP

Klinik perawatan khusus pria pertama di Indonesia, MEN/O/LOGY by ZAP, didirikan pertama kali pada 2019. MEN/O/LOGY menawarkan sejumlah perawatan penampilan, mulai dari wajah, tubuh dan rambut, sebagai one stop solution khusus para pria, yang didukung oleh teknologi berbasis laser dan teknologi termutakhir.

Beberapa perawatan favorit di MEN/O/LOGY adalah Men Photo Facial, Yellow Laser, dan PRP Hair Regrowth. Setiap proses tindakan dilakukan oleh dermatologis, dokter, dan tenaga medis profesional.

MEN/O/LOGY juga menyediakan pelayanan barbershop untuk memperkuat identitas maskulinitas brand. Saat ini, outlet MEN/O/LOGY by ZAP telah hadir di Jakarta (Mall Kota Kasablanka, Menteng, dan Pondok Indah) dan Medan. 

Artikel berikut merupakan rilisan pers dari VRITIMES. Isi tayangan juga dapat dibaca di sini.

Tag

VRITIMES

VRITIMES adalah perusahaan yang menghubungkan platform dan media dengan konten rilisan pers aktual, cepat, dan terpercaya.