John S. Kim, CEO dan Co-Founder Sendbird (Foto: Sendbird).

Empat Prediksi Komunikasi Digital 2024 oleh Sendbird

Teknologi 15 Jan 2024

Sendbird, platform Komunikasi Application Programming Interface (API) yang telah membantu 4.000 aplikasi dan 300 juta pengguna setiap bulan, memberikan empat prediksi masa depan komunikasi digital untuk tahun ini.

Setelah suksesnya peluncuran ChatGPT oleh OpenAI pada tahun 2023, interaksi human-to-machine semakin cerdas dan personal.

Penggunaan teknologi AI generatif, large language models (LLM), dan chatbot meningkat, menciptakan pengalaman komunikasi yang lebih mendalam dan personal. Kemajuan teknologi seperti ChatGPT mengikuti cara berkomunikasi manusia dalam skala besar, di berbagai bahasa, secara instan.

Moderasi dan Etika dalam Komunikasi

Dengan semakin mudahnya pembuatan akun palsu, trolling, dan penggunaan AI untuk menghasilkan konten palsu, ruang digital menjadi rentan. Diperlukan moderasi dan etika yang lebih ketat dalam komunikasi digital.

Peningkatan keamanan dan kontrol menjadi esensial, dengan identifikasi indikator keamanan konten digital yang perlu dikembangkan oleh pemerintah atau asosiasi terkait.

Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), berkomitmen untuk menciptakan regulasi yang mendukung penggunaan AI secara optimal.

Komunikasi asinkron, di mana pengguna dapat berinteraksi tanpa batasan waktu tertentu, menjadi tren utama. Sistem "Universal user record" memungkinkan percakapan dimulai di satu perangkat dan dilanjutkan di perangkat lain tanpa kehilangan konteks.

Ini memerlukan integrasi yang lebih baik antara platform aplikasi, dengan tantangan utama dalam menjaga keamanan dan privasi data pengguna.

Personalisasi Komunikasi dengan AI Generatif

Teknologi AI Generatif semakin banyak digunakan untuk menciptakan konten yang disesuaikan untuk konsumen.

Melalui analisis data konsumen, teknologi ini menghasilkan respons dan konten yang lebih resonan berdasarkan preferensi individu, perilaku waktu nyata, dan interaksi di masa lalu.

Meskipun memberikan pengalaman pelanggan yang lebih relevan, ini juga menimbulkan tantangan terkait privasi.

Dominasi Konten Multimedia Berdurasi Pendek

Platform seperti TikTok dan Instagram Reels mempopulerkan konten multimedia berdurasi pendek. Bisnis akan beradaptasi dengan tren ini, menciptakan lebih banyak konten berdurasi pendek untuk promosi merek.

Dengan efektivitas format video pendek dalam menangkap perhatian konsumen, ini memberikan peluang bagi brand untuk menciptakan komunikasi yang unik dan mudah diingat oleh pelanggan.

Tren-tren ini sejalan dengan strategi Sendbird pada tahun 2024, yang terus berinovasi dalam teknologi API komunikasi dalam aplikasi. Dengan lebih dari 10+ bahasa platform pengembangan, Sendbird memungkinkan brand menyesuaikan komunikasi pelanggan dengan aman dan cepat menyematkan model AI generatif.

Mengenal Sendbird

Sendbird adalah platform API komunikasi lengkap untuk aplikasi web dan seluler, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi melalui pesan, panggilan video, dan streaming langsung.

Didukung oleh investor terkemuka, Sendbird melayani lebih dari 7 miliar interaksi setiap bulan untuk lebih dari 4.000 aplikasi di seluruh dunia. Berkantor pusat di California, Sendbird didukung oleh ICONIQ Growth, STEADFAST Capital Ventures, Tiger Global Management, Meritech Capital, dan Emergence Capital.

Artikel ini merupakan rilisan pers dari Sendbird.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast