Ilustrasi layanan Galaxy AI yang difokuskan oleh Samsung bersamaan dengan peluncuran seri flagship Galaxy S24 (Foto: 9to5google.com).

Galaxy AI akan Tersedia di Ponsel Samsung Lawas, Apa Saja?

Teknologi 19 Jan 2024

Samsung telah mengonfirmasi bahwa serangkaian fitur Galaxy AI akan hadir pada ponsel Galaxy dan tablet lama dengan pembaruan One UI 6.1 pada hari Jumat (19/01) waktu Amerika Serikat.

Update ini dijadwalkan tiba pada beberapa perangkat Samsung terpilih dalam awal tahun 2024 ini.

Daftar Ponsel dan Tablet Samsung yang Mendapatkan Galaxy AI

Dalam peluncuran seri Galaxy S24, Samsung memperkenalkan berbagai fitur kecerdasan buatan (AI) yang tertanam dalam One UI 6.1.

Melansir dari Android Authority, Samsung memastikan bahwa fitur-fitur AI tersebut tidak hanya akan eksklusif untuk seri Galaxy S24. Ponsel dan tablet Samsung sebelumnya juga akan mendapatkan manfaat dari pembaruan ini.

Seri Samsung Galaxy S24 Resmi Meluncur, Kamera Hingga 200 MP, Snapdragon 8 Gen 3
Seri Samsung Galaxy 24 kini telah rilis pagi pada hari Selasa (17/01) waktu Amerika Serikat. Dilihat sekilas, mungkin hanya sedikit yang berubah, namun ternyata ada beberapa hal penting seperti update 7 generasi OS hingga integrasi AI.

"Banyak fitur Galaxy AI yang diperkenalkan pada Galaxy S24 juga akan didukung pada model-model sebelumnya, termasuk seri Galaxy S23, Galaxy S23 FE, Galaxy Z Fold 5 dan Flip 5, serta Galaxy Tab S9 dalam waktu setelah paruh pertama 2024. Harap tunggu informasi lebih lanjut."

Hal ini memperlihatkan bahwa Samsung memang menargetkan lebih banyak perangkat yang bisa menggunakan kecerdasan buatan dari perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Kedua, Samsung mengonfirmasi bahwa perangkat-perangkat yang disebutkan sebelumnya adalah yang pertama kali mendapatkan pembaruan One UI 6.1 pada awal tahun 2024 ini.

Artinya, seri Galaxy S23, Galaxy S23 FE, Galaxy Z Fold 5, Galaxy Z Flip 5, dan Galaxy Tab S9 dapat mengharapkan pembaruan perangkat lunak baru sebelum Juni 2024.

Sayangnya, Samsung belum mengkonfirmasi secara pasti fitur Galaxy AI apa saja yang akan hadir di perangkat sebelumnya. Tetap pantau untuk informasi lebih lanjut.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast