Press conference Kadokawa dan Gramedia, Sumber gambar: Kontan.co.id

Kadokawa dan Gramedia Resmi Ciptakan Kolaborasi, Bawakan Buku Komik Langsung dari Jepang

Pop Kultur 7 Jan 2024

Kadokawa dan Kompas Gramedia sebuah perusahaan penerbit yang besar di Jepang dan Indonesia ini resmi mengumumkan sebuah kolaborasi dalam pendistribusian ACG(Animation, comic, and games).

Selain itu dikatakan bahwa kolaborasi ini akan menghasilkan di mana Kadokawa mendistribusikan ACG ke Indonesia dan Gramedia mendistribusikan film atau buku ke Jepang. Diharapkan kolaborasi jangka panjang ini juga akan menguntungkan pihak Kadokawa di mana dikatakan oleh CEO Kadokawa Corporation, Takahashi Natsuno mengatakan pihaknya bisa mendistribusikan ke target pasar Indonesia yang besar ini.

Dilansir dari Kontan.co.id, Natsuno mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan target pasar (ACG) terbesar. Ya, ini mungkin juga penantian lama yang ditunggu oleh penggemar (ACG) Jepang di Indonesia.

Natsuno juga mengutarakan bahwa Gramedia merupakan distribusi yang potensial karena sudah lama berdiri dan yang terbesar di Indonesia.

Kolaborasi ini menghasilkan joint venture yakni sebuah perusahaan gabungan yang bernama PT. Phoenix Gramedia Indonesia yang akan memproduksi komik, light novel dari Kadokawa. Selain itu juga akan ada kreator Indonesia yang bisa menerbitkan karyanya di perusahaan tersebut.

Selain itu perusahaan tersebut akan memproduksi merchandise dari Kadokawa.

PT. Phoenix Gramedia Indonesia akan diketuai oleh Taro Iwasaki yang membawahi bisnis Kadokawa di kawasan Asia Tenggara, -kutip Jpnn.com.

Dengan kolaborasi ini karya buku Indonesia dapat dinikmati oleh orang Jepang sana. Pendistribusian ini dikatakan akan didistribusi di e-commerce dan secara digital.

Sumber: Official YouTube Kompas TV, Kontan.co.id, Jpnn.com

Tag

Rizky Aufa Febrianto

Suka fotografi dan gambar anime, gaming tipis-tipis