Ilustrasi sosok Mafumafu dari Jepang (Foto: WallpaperCave/niners).

Viral Mafumafu dan Rushia Pernah Menikah dan Cerai, Apakah Benar?

Pop Kultur 27 Jan 2024

Beberapa waktu ini telah viral informasi mengenai salah satu konten kreator asal Jepang, Mafumafu, yang dikatakan sempat menikah dan saat ini sudah cerai di platform X (sebelumnya bernama Twitter).

Pernyataan ini geger diperbincangkan setelah muncul beberapa postingan dari platform media sosial di luar X yang menyebarkan rumor bahwa Mafumafu telah cerai pada beberapa waktu yang lalu, dan sedang dalam proses gugatan hukum kepada sosok yang diduga sebagai Rushia.

Kemudian, pada Jumat (26/01) sore waktu Jepang, mafumafu membuat post di akun X yang berisikan link ke blog pribadinya. Pada blog tersebut, mafumafu melakukan klarifikasi, menceritakan kronologis yang sebenarnya dan meminta maaf atas kegaduhan yang ada.

Mafumafu sendiri ialah seorang konten kreator, yang pernah viral di dunia internasional dengan lagu nya berjudul "Onna no ko ni naritai." Lagu tersebut menceritakan tentang seorang laki-laki yang "ingin" menjadi seorang perempuan.

Kalau di Jepang atau dunia pop kultur, hal ini dikaitkan dengan kegiatan crossdress, yaitu ketika seorang laki-laki/perempuan mencoba untuk berbusana sebagai gender yang lain, biasanya dilakukan oleh laki-laki untuk menjadi seperti perempuan yang identik dengan kelucuan dan keimutan.

#MedForSquad mencoba untuk merangkum pertanyaan resmi Mafumafu pada blog pribadinya di bawah ini.

Kronologis Cerita Menikah dan Cerai Mafumafu

Mafumafu mengatakan bahwa ia sempat menikah pada bulan Desember 2021 lalu dengan sosok yang seterusnya direferensikan dengan nama A-ko-san/Ako-san (A子さん). Sosok ini diduga oleh fans sebagai Uruha Rushia, VTuber Hololive dengan tema karakter necromancer.

Fans Dihebohkan Isu Uruha Rushia dan Mafumafu “Tinggal Bersama”
Stay strong, Rushia

Sebelumnya, mereka sudah sempat berpacaran mulai dari "musim panas" tahun 2021.

Hal ini dilanjutkan dengan pernikahan mereka di akhir tahun, yang Mafumafu tidak beberkan ke siapapun, terutama ke publik sampai saat ini.

Mafumafu juga sempat curhat di blog pribadinya bahwa ia merasa "tidak bisa mencintai siapapun" di awal-pertengahan tahun 2021. Namun semua itu berubah setelah bertemu dengan seorang wanita (A子さん), yang diduga sebagai Rushia, yang membuatnya menjadi jatuh cinta.

Sayangnya, hal ini mendapat berbagai penolakan dari teman-teman terdekatnya. Penolakan juga didapatkan dari beberapa pihak yang tidak disebutkan Mafumafu. Hal ini tidak menghiraukan kedua belah pihak hingga berujung pernikahan pada Desember 2021.

Tidak Harmonis, Belum Setahun Sudah Cerai

Pernikahan yang kira-kira berlangsung selama tujuh bulan ini diwarnai dengan hal-hal buruk.

Pertama, karena kegiatan A子さん yang bergerak di internet, maka sang wanita tersebut dan para kerabatnya meminta untuk pernikahan mereka tidak diumumkan secara publik.

Setelah itu, saat mereka menikah, Mafumafu dan istrinya pada saat itu sering kali berargumen, bahkan untuk hal sepele pun dipermasalahkan. Mafumafu hanya bisa merasa sedih, menangis, dan meminta maaf kepada pasangannya.

Ia bahkan sampai tidak tahu apa yang sebenarnya normal dalam suatu hubungan, terutama pernikahan. Hal ini membuat Mafumafu merasa bingung dan membiarkan hal ini, mencoba untuk tidak menyinggung A子さん kedepannya.

Selain itu, Mafumafu seringkali dicurigai sedang selingkuh karena kegiatannya yang berada di depan komputer setiap hari, membuka platform media sosial seperti LINE dan Discord.

Bahkan, aktivitas sosial Mafumafu dimonitor terus oleh sang pasangan, seperti orang yang posesif dan tidak percaya terhadap keadaan atau perkataan orang.

Padahal mereka sudah sampai tinggal bersama, dengan sang lelaki yang membeli rumah untuk mereka berdua. Hal ini demi menyenangkan sang istri. Walau akhirnya juga A子さん tetap pisah rumah, dengan dia tinggal di rumah baru pembeliaan Mafumafu, dan sang suami tinggal di apartemennya sendiri.

Akhirnya Merasa Sadar, Tapi Masih Saja Disalahkan

Sekian waktu telah berlalu, Mafumafu pun mulai sadar kalau hubungan mereka tidak normal dan tidak dapat dilanjutkan.

Pada platform tertentu, sosok A子さん mulai menyalahkan sang suami dengan menyebarkan rumor bahwa ia merasa tidak puas dalam pernikahan mereka.

Mafumafu, yang saat ini mencoba untuk memproses perceraian, meminta melalui pengacara kepada A子さんuntuk menghentikan aktivitas penyebaran rumor tersebut.

Sayangnya, representatif dari A子さん melakukan interupsi dengan mengatakan bahwa "jangan mengumumkan pernikahan kalian, karena [A子さん] akan memulai kegiatan baru dalam bentuk baru.

Jika memang pasangannya ialah seorang VTuber, maka bisa dikatakan bahwa sang A子さん akan debut, redebut, atau memiliki rigging baru untuk "memulai aktivitas baru dalam bentuk baru."

Tidak tahan lagi, akhirnya pada tanggal 22 Mei 2022, Mafumafu resmi mengajukan gugatan cerai ke A子さん.

Dugaan Perselingkuhan dan Mental Play Victim

Setelah gugatan cerai tersebut, banyak hal yang terjadi yang merugikan dua belah pihak.

Rumah yang sempat dibelikan Mafumafu untuk tinggal bersama, kini terlihat sangat berantakan, penuh dengan box dan sampah, bahkan sampai susah untuk berjalan.

A子さん tidak merespons gugatan cerai dengan alasan kesehatan, namun dalam waktu dekat meminta uang dengan nominal tertentu.

Hal ini tidak mencegah gugatan perceraian, dengan mereka resmi cerai pada akhir bulan Juli 2022 tanpa ada transaksi keuangan antara mereka berdua.

Setelah cerai, terdapat bukti-bukti mencurigakan yang mengarahkan perselingkuhan A子さん dengan seorang lelaki yang setelah ini disebut sebagai sosok B男さん (B-san/B otoko-san).

Sosok B ini bisa dikatakan telah disamperin oleh Mafumafu dan diajak untuk mengobrol.

B mulai menjelaskan dengan memberikan beberapa screenshot di platform Discord dan LINE.

Mereka melakukan perbincangan via telepon yang menjelaskan bahwa screenshot tersebut berisi undangan untuk jalan-jalan dan tukar hadiah di hari Valentine. Hal ini dilanjutkan dengan pengakuan lainnya seperti di dekat Natal yang mengajak B main dengan A子さん.

Sosok B ini meminta maaf berkali-kali, dengan klaim bahwa ia tidak tahu situasinya seperti ini. Berdasarkan tulisan Mafumafu, sepertinya hal ini benar adanya, dengan seterusnya ia dan sosok B menjadi teman dekat.

Teror hingga Tekanan dari Berbagai Pihak ke Mafumafu

Insiden privat ini membawa berbagai macam teror dan tekanan yang datang dari platform online, yang terduga berasal dari A子さん.

Mafumafu dibicarakan melalui akun anonim dan akun-akun lainnya bahwa ia telah berselingkuh dengan berbagai wanita, yang hal ini ditolak kebenarannya oleh yang bersangkutan.

Hal ini berujung ke upaya hukum untuk melakukan gugatan
keterbukaan informasi pada platform anonim tertentu. Permintaan pun dikabulkan dengan dasar "tindakan illegal."

Setelah gugatan hukum tersebut, terbitlah fakta, setidaknya berdasarkan tulisan Mafumafu, bahwa hampir semua tulisan teror dan tekanan memang berasal dari sosok A atau A子さん.

Mulai Melibatkan Polisi dan Pengadilan

Mulai dari akhir musim panas tahun 2023, Mafumafu membuka sesi konsultasi dengan polisi mengenai masalah yang ia alami.

Beberapa waktu sebelumnya, Mafumafu juga memutuskan untuk meningkatkan kasus ini ke pengadilan. Ia mengatakan apabila pengadilan ini dibuka secara publik, maka semua orang, fans maupun haters, dapat melihat proses dan kebenaran yang ada.

Pada akhir tahun 2023, dokumen yang berkaitan dengan bukti-bukti teror dan hal lain tentang masalah Mafumafu dan A子さん sudah dikirimkan ke pihak berwajib.

Pada akhirnya, Mafumafu mengatakan walau ada kemungkinan ia akan kalah atau malah menjadi penjahat, setidaknya kebenaran akan mulai terungkap.

Pada blog pribadinya, ia menutup pernyataan panjang dengan pesan yang mengatakan bahwa ia merasa lega untuk dapat menceritakan ini (setidaknya dalam bentuk blog).

Namun perlu dicatat, sampai saat ini keabsahan informasi Mafumafu dan Rushia menikah belum pasti 100 persen benar. Bisa saja Mafumafu mereferensikan dengan wanita yang berbeda.

Kemudian, cerita ini baru diketahui dari sisi Mafumafu saja, belum diketahui bagaimana cerita dari A子さん atau pihak lain yang kredibel, sehingga belum pasti diketahui siapakah yang salah atau bermasalah pada hal ini.

Kemungkinan, kasus ini masih akan berlanjut dengan pernyataan publik lainnya dalam waktu yang tidak terlalu jauh.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast