Tampilan aplikasi Camo (Sumber: Istimewa)

[REPLIKA] Kami Mencoba Camo, Sebuah App yang Mengubah Ponsel Jadi Webcam

Teknologi 22 Feb 2024

Hai, MedForians!

Mungkin saat ini, tren belajar dari rumah atau meeting secara daring sudah jarang dilakukan. Namun, walaupun jarang, hal ini juga masih lazim dilakukan. Tak hanya itu, penggunaan webcam juga cukup sering dilakukan oleh konten kreator, baik gaming maupun non-gaming.

Buat kamu yang punya perangkat PC atau laptop yang tidak memiliki webcam, atau punya tapi dalam kondisi kurang baik, atau ingin supaya tampilan kamu lebih jernih, kami mencoba aplikasi yang bisa membuat HP kamu menjadi webcam.

Aplikasi ini bernama Camo, yang barangkali kamu lebih familiar dengan pola-pola seragam militer saat bertugas di medan perang (itu camouflage, bang...). Namun, alih-alih membuatmu tidak terlihat, aplikasi ini justru membuat kamu lebih kelihatan, dengan mengubah kamera ponsel kamu menjadi webcam, sehingga kamu mendapat hasil rekaman kamera yang lebih jernih.

Instalasi Mudah

Cara instalasinya cukup mudah, dengan kamu menginstal melalui situs resminya disini, nanti akan ada tautan untuk mengunduh di platform Windows, macOS, iOS, maupun Android.

Setelah diinstal, kamu tinggal membuka aplikasi ini di ponsel dan PC kamu. Kamu bisa menggunakan jaringan WiFi ataupun sambungan kabel USB. Disini, kami menggunakan sambungan kabel USB.

Bisa Terhubung dengan OBS Studio

Kamu bisa menghubungkan aplikasi ini dengan OBS Studio juga, loh. Yang terpenting adalah driver untuk Camo sudah terinstal, sehingga ponsel kamu dapat terhubung dengan OBS Studio sebagai webcam. Audio dari mikrofon di HP kamu juga bisa masuk, loh!

Tampilan Kamera Ponsel dengan Aplikasi Camo, watermarknya bisa diubah atau bisa dinonaktifkan (Sumber: Istimewa)

Kelebihan dari aplikasi Camo ini adalah kamu bisa mendapat hasil kamera beresolusi tinggi, tanpa adanya watermark, dan kamu juga bisa mengubah watermark sesuai dengan yang kamu inginkan, GRATIS! Benar, tanpa iklan, tanpa spam, tanpa watermark.

Namun, untuk mendapat fitur lebih banyak, kamu bisa berlangganan dengan biaya 50 Dollar Amerika per tahunnya.

Walaupun gratis tapi menang banyak (Sumber: Situs resmi Camo)

Kesimpulan

Buat kamu yang ingin melakukan meeting secara daring, atau kamu konten kreator yang belum punya webcam atau kamera yang canggih, kamu bisa memanfaatkan ponsel kamu sebagai webcam dengan aplikasi Camo ini.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.