Yui Ishikawa dan karakter anime yang diisinya, Sumber: Animecorner

Seorang Pria Mengaku Bersalah Setelah Ingin Coba Membunuh Seiyuu

Pop Kultur 3 Feb 2024

Seorang pria di Jepang mengaku bersalah dalam percobaannya ingin membunuh seorang voice actress (VA)/ seiyuu Yui Ishikawa (Violet Evergarden, Mikasa, Honoka Tsumura). Pria tersebut bernama Fukuta Kishimoto berumur 25 tahun pada Jumat mengaku bersalah pada pengadilan karena telah memosting pada message board bahwa ia ingin membunuh Yui Ishikawa dengan pisau.

Ia akhirnya ditangkap pada Desember 2023 dan penuntut meminta Kishimoto agar ditahan di penjara selama 18 bulan karena telah membuat seiyuu tersebut ketakutan di malam hari. Dilansir dari AnimeNewsNetwork dikatakan bahwa pengadilan akan membuat keputusan penahanannya pada 9 Februari mendatang.

Sebelumnya polisi telah menangkap Kishimoto pada Juni 2020 karena telah mengintimidasi dan mengganggu bisnis. Yang bersangkutan telah mengancam staff anime lewat internet.

Fukuta Kishimoto juga telah mengancam untuk membunuh sutradara TATSUKI (Kemono Friends, Kemurikusa) juga Yui Ishikawa yang mengisi suara pada anime Kemono Friends, keluarganya, dan anggota staf dengan cara menikamnya dan membakar mereka. Ancaman tersebut juga terinspirasi dari kejadian Kyoto Animation pada Juli 2019. Ketika Ishikawa melaporkan kejadian ancaman tersebut ke polisi, pekerjaan staf anime yang terlibat juga terpaksa tertunda sementara waktu. Menurut investigasi, alasan yang melatarbelakangi aksinya tersebut adalah dendam pribadi terhadap sutradara TATSUKI dan katanya ia tidak berniat untuk menyakiti sutradara tersebut.

Akhirnya, pada 9 Februari 2024 pengadilan Tokyo memutuskan hukuman pada pria berumur 25 tahun tersebut selama 1 tahun penjara.

Update 13/02/2024: Informasi penjatuhan hukuman

Sumber: FNN via AnimeNewsNetwork

Tag

Rizky Aufa Febrianto

Suka fotografi dan gambar anime, gaming tipis-tipis