Sudut dapur dalam apartment modern (Foto : Courtina)

5 Cara Merawat Laminated Flooring Dapur yang Praktis, Segera Lakukan!

Umum 21 Mar 2024

Pelajari tips dan trik sederhana untuk merawat lantai laminasi dapur Anda agar tetap bersih, awet, dan terlihat baru

Bagian rumah yang juga penting diperhatikan adalah dapur. Bukan hanya soal kitchen set, tetapi juga bagian lantainya.

Sebagai referensi Anda bisa menggunakan laminated flooring, yang kini seakan jadi pilihan populer dalam desain dapur modern. Ini karena tampilannya yang elegan dan daya tahan yang tinggi. 

Akan tetapi, buat memastikan keindahan dan keawetan lantai laminasi dapur ini, penting bagi Anda memerhatikan perawatannya. Tenang, ini mudah dan membutuhkan beberapa langkah sederhana.

Dijamin laminated flooring Anda akan bersih, awet, dan tetap terlihat baru. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk merawat laminated flooring dapur Anda:

Perlakukan dengan Lembut Laminated Floor

Membersihkan lantai laminasi secara rutin adalah kunci utama untuk menjaganya tetap bersih dan tahan lama. Gunakan sapu lembut atau vakum dengan gerakan berputar yang memang bertujuan untuk lantai laminasi.

Pastikan untuk menghilangkan debu dan kotoran secara teratur agar keduanya tidak menggores permukaan lantai kesayangan Anda. Terlebih jika harga lantai kayu cenderung tinggi. Rugi dong jika rentan rusak.

Hindari Penggunaan Air Berlebihan

Interior rumah bergaya Skandinavia dengan perabotan dapur berwarna putih (Foto : Courtina)

Lantai laminasi tidak terlalu memiliki ketahanan air yang baik. Oleh karena itu, selain menghindarkan air dari lantai, kurangi penggunaan air berlebihan saat membersihkannya.

Gunakan lap yang sedikit lembab untuk itu, dan segera keringkan permukaan lantai setelah membersihkannya. Air yang terlalu lama tergenang dapat merusak laminated flooring dan menyebabkan pembengkakan atau kerusakan permanen.

Gunakan Pembersih Khusus untuk Laminated Floor

Pilih pembersih khusus yang memang dirancang lantai laminasi. Jangan menggunakan produk pembersih dengan bahan kimia keras atau pemutih. Pasalnya, ini dapat merusak lapisan pelindung lantai.

Namun agar aman, sebaiknya selalu baca petunjuk pemakaian penggunaan pembersih dan pastikan sesuai untuk lantai laminasi. Langkah ini turut menekan potensi rusaknya lantai kayu, mengingat harga lantai kayu cenderung mahal.

Cara Merawat Laminated Flooring Dapur dengan Menghindarkan dari Goresan dan Benda Berat

Interior dapur yang dihiasi dengan peralatan dapur kuno dan bergaya vintage (Foto : Courtina)

Lantai laminasi rentan terhadap goresan, terutama dari benda-benda tajam atau kasar. Untuk mengakali ini, gunakan alas kaki atau penahan untuk perabotan yang sering digeser agar tidak menggores permukaan lantai.

Selain itu, hindari menjatuhkan benda berat atau keras yang dapat menyebabkan keretakan atau kerusakan pada laminated flooring.

Gunakan Karpet  

Tempatkan karpet atau tikar di area yang sering dilalui atau berdiri untuk memberikan perlindungan tambahan pada lantai. Ini dapat membantu mengurangi keausan dan memperpanjang umur lantai laminasi di area-area dengan trafik tinggi.

Mengingat, tekanan langkah kaki atau benda-benda lainnya berpotensi membuat kualitas laminated flooring berkurang.

Dengan merawat laminated flooring dapur Anda dengan baik, Anda dapat memastikan bahwa desain interior Anda akan tetap indah dan tahan lama. Melakukan perawatan rutin dan menghindarinya dari benda berat dapat menjaga laminated flooring dapur Anda selama bertahun-tahun.

Untuk tampilan terbaik dan perawatan mudah, selalu gunakan produk Courtina. Harga lantai kayu disana sangatlah kompetitif!

Tentang Courtina

Perusahaan industri yang bergerak di bidang pengolahan kayu dengan orientasi ekspor sejak tahun 1994. Mengkhususkan diri dalam Solid Finished Flooring TNG 4S, Lantai Tangga Kayu, Decking, Panel Dinding dan Komponen Perumahan lainnya

Artikel berikut merupakan rilisan pers dari VRITIMES. Isi tayangan juga dapat dibaca di sini

Tag

VRITIMES

VRITIMES adalah perusahaan yang menghubungkan platform dan media dengan konten rilisan pers aktual, cepat, dan terpercaya.