Cannes Film Festival Anugerahkan Studio Ghibli Penghargaan Honorary Palme d'Or

Pop Kultur 19 Apr 2024

Cannes International Film Festival ke-77 mengumumkan pada hari Rabu (17/4) lalu bahwa mereka memberikan penghargaan Honorary Palme d'Or kepada Studio Ghibli.

Dilansir dari Crunchyroll dan ANN, Hadiah ini diberikan untuk menghormati mereka yang telah mencapai prestasi luar biasa namun belum pernah memenangkan Palme d'Or yang kompetitif. Palme d'Or sendiri bisa dibilang sebagai penghargaan tertinggi dan bergengsi di festival tersebut.

Menurut staf festival, ini menandai pertama kalinya Cannes memberikan penghargaan kepada sebuah grup, bukan kepada satu orang.

Respon Ghibli

salah satu pendiri Ghibli, Toshio Suzuki merasa senang dan berterima kasih tentang penghargaan tersebut. Berikut isi pesan lengkap yang dikatakan oleh beliau:
Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Festival de Cannes dari lubuk hati saya yang paling dalam. Empat puluh tahun yang lalu, Hayao Miyazaki, Isao Takahata, dan saya mendirikan Studio Ghibli dengan keinginan untuk menghadirkan animasi tingkat tinggi dan berkualitas tinggi kepada anak-anak dan orang dewasa dari segala usia. Saat ini, film-film kami ditonton oleh orang-orang di seluruh dunia, dan banyak pengunjung datang ke Museum Ghibli, Mitaka, dan Taman Ghibli untuk merasakan sendiri dunia film kami. Kami telah menempuh perjalanan panjang untuk menjadikan Studio Ghibli sebuah organisasi besar. Meskipun Miyazaki dan saya telah bertambah tua, saya yakin Studio Ghibli akan terus menghadapi tantangan baru, dipimpin oleh staf yang akan meneruskan semangat perusahaan. Saya akan sangat senang jika Anda menantikan selanjutnya.

Penghargaan Palme d'Or tersebut yang diraih Ghibli juga merayakan sekaligus menandai empat dekade dan lebih dari 20 film dari studio ternama, banyak di antaranya berasal dari sutradara ternama seperti Hayao Miyazaki dan mendiang Isao Takahata. Sejak didirikan pada tahun 1985 hingga saat ini, dampak Ghibli terhadap animasi sangatlah besar. Ghibli bahkan menampilkan taman hiburannya sendiri yang telah dibuka di Prefektur Aichi.

Selain Ghibli, pencipta Star Wars, George Lucas juga akan menerima satu penghargaan pada upacara penutupan Cannes Film Festival ke-77 yang akan digelar pada Sabtu (25/5) mendatang. Penghargaan tahun 2023 sebelumnya diberikan kepada Michael Douglas dan Harrison Ford.

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.