Guinness World Records Tempatkan Jujutsu Kaisen Sebagai Anime Terpopuler di Dunia

Pop Kultur 7 Apr 2024

Jika para wibu dan pecinta anime menanggap hasil kemenangan besar di The Anime Awards belum cukup, kini Guinness World Records menggembar-gemborkan kesuksesan anime JUJUTSU KAISEN. Guinness World Records telah menempatkan Jujutsu Kaisen sebagai "acara anime TV paling laris", dan juga menyebutnya sebagai "anime paling populer di dunia".

Dilansir dari Crunchyroll dan Anime News Network, Guinness menyebutkan bahwa serial ini telah menyalip Attack on Titan yang memegang rekor sejak tahun 2020. Mereka menggunakan data dari Parrot Analytics untuk memberi JUJUTSU KAISEN penghargaan sebagai "acara anime TV paling laris" dan juga menyebutnya sebagai "anime paling populer di dunia".

Gen Z Mendominasi

Menurut data, Jujutsu Kaisen memiliki "rating permintaan global" yang 71,2 kali lebih besar dibandingkan rata-rata serial televisi. Guinness World Records melaporkan secara rinci bahwa permintaan Jujutsu Kaisen mencapai puncaknya pada tanggal 29 Desember dengan jumlah 128 kali lipat dari permintaan. dari pertunjukan rata-rata. Jujutsu Kaisen memiliki persentase penonton Gen Z (usia 13-22 tahun) yang lebih tinggi yaitu 71,3%, dibandingkan One Piece (56,7%) dan Attack on Titan (64,4%).

Parrot Analytics menghitung "permintaan" berdasarkan miliaran titik data yang diambil, seperti konsumsi menonton video, keterlibatan media sosial baik dari tombol like dan share serta tagar, dan tindakan penelitian (misalnya membaca tentang acara tersebut secara online) ataupun mencari serial di situs seperti IMDb. Tindakan yang memerlukan lebih banyak upaya bagi konsumen, seperti menonton atau mengunduh suatu acara terkait Jujutsu Kaisen, akan lebih dibebani.

Menyalip One Piece dan Attack on Titan

Menurut perusahaan tersebut, anime One Piece yang sedang berjalan dan pemegang rekor sebelumnya Attack on Titan nyaris mengklaim posisi teratas. One Piece memiliki adaptasi live action Netflix di tahun 2023 lalu untuk mendatangkan pemirsa baru, dan Attack on Titan menayangkan seri final spesialnya tahun lalu. Namun, kekuatan musim kedua Jujutsu Kaisen yang berlangsung dua cour (seperempat tahun) terutama saat menceritakan arc insiden Shibuya itulah yang membawanya hingga akhir tahun 2023.

Attack on Titan masih memegang rekor "buku komik terbesar yang diterbitkan", berkat cetakan novel grafis berukuran besar . Sementara itu,manga One Piece karya Eiichiro Oda memegang rekor "salinan terbanyak yang diterbitkan untuk seri buku komik yang sama oleh satu penulis."

Setelah arc Insiden Shibuya, anime Jujutsu Kaisen akan melanjutkan ceritanya di arc "Culling Game" (Shimetsu Kaiyū).

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.