sumber: Anime Corner

Hayao Miyazaki Dinobatkan Jadi 100 Orang Berpengaruh di Dunia Versi Majalah TIME

Pop Kultur 19 Apr 2024

Mencakup kategori mulai dari Artis, "Ikon", "Titan", hingga Pemimpin, Inovator, dan Pionir, daftar tahunan TIME100 menampilkan majalah TIME yang mengumpulkan profil 100 orang paling berpengaruh di dunia.

Kali ini, Hayao Miyazaki dari Studio Ghibli dinobatkan sebagai salah satu dari “100 Orang Paling Berpengaruh tahun 2024” versi TIME. Dilansir dari Crunchyroll, ANN, dan Anime Corner, pengumuman ini disampaikan bersamaan setelah Festival Film Cannes menganugerahkan Studio Ghibli dengan Honorary Palm d'or, menandai pertama kalinya penghargaan tersebut diberikan kepada kelompok dan bukan kepada individu. 

Hayao Miyazaki sendiri masuk di dalam kategori “Ikon” dan menerima pujian dari pembuat film terkenal pemenang Oscar Guillermo del Toro. Beliau bergabung dengan nama-nama terkenal seperti pengusaha Amerika Mark Cuban, pensiunan aktor dan aktivis Michael J. Fox, dan sutradara film Sofia Coppola.

Dalam tulisan Guillermo del Toro, ia menyebutkan bagaimana karya Miyazaki membangkitkan perasaan mengenali keindahan yang hanya digambarkan dalam film. Berikut isi pesan lengkapnya:

Saya menemukan film Animme dari Toei karya Hayao Miyazaki sewaktu kecil—film seperti The Wonderful World of Puss 'n Boots dan serial seperti Heidi and Marco , di mana gaya dan pengaruhnya semakin mudah dikenali. Bertemu dengan My Neighbor Totoro sebagai orang dewasa, pikiran saya kembali ke karya-karya sebelumnya, dan saya menyadari betapa pria ini telah membentuk masa kecil saya.

Karya Miyazaki membangkitkan emosi yang langka itu—gemetar saat mengenali jenis keindahan yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata dan karenanya hanya ada dalam film-filmnya. Namun ia juga seorang realis brutal mengenai keserakahan, perang, dan kemarahan manusia. Dia tahu bahwa kita membentuk dan menghancurkan planet ini dan bahwa manusia adalah yang terbaik dan terburuk di dunia.

Dia sepenuhnya asli. Seorang pencipta unik yang eksis sepenuhnya dalam karya seninya. Dia adalah sutradara animasi paling berpengaruh dalam sejarah media tersebut, dan salah satu dari 10 pendongeng favorit saya dalam media audiovisual apa pun. The Boy and the Heron adalah mahakarya halus yang menghasilkan tarikan gravitasi—dan banyak dari kita merasakan tarikan itu dengan kuat.

Del Torro menyebutkan tentang The Boy dan The Heron, yang baru-baru ini memenangkan Academy Award untuk Animasi Terbaik, terkait dengan kecintaan dan ketertarikannya yang mendalam terhadap film tersebut dan karya Studio Ghibli lainnya. Dia bertanggung jawab untuk memperkenalkan The Boy dan The Heron di Festival Film Toronto pada September 2023 dan menyebutkan bahwa Miyazaki adalah “sutradara animasi terhebat yang pernah ada.”

Selain itu, dalam wawancara eksklusif selama satu jam dengan The Collider pada Oktober 2023, Del Torro merekomendasikan My Neighbor Totoro kepada orang-orang yang baru memulai untuk melihat film Studio Ghibli.

Hayao Miyazaki dianggap sebagai salah satu pembuat film paling berprestasi dan terkenal di industri animasi. Beberapa film yang ia sutradarai di bawah Studio Ghibli yang juga ia dirikan antara lain Castle in the Sky (1986), My Neighbor Totoro (1988), Kiki’s Delivery Service (1989), Porco Rosso (1992), Spirited Away (2001), Howl’s Moving Castle (2004), Ponyo (2008), dan The Wind Rises (2013).

Menangkan banyak penghargaan

Film terbaru dari Studio Ghibli dan Hayao Miyazaki,  The Boy and the Heron , telah meraih banyak penghargaan sejak tayang perdana di Jepang pada 14 Juli 2023. 

Film ini juga memenangkan kategori Best Animated Feature Film di Academy Awards ke-96 pada 11 Maret, Best Animation of the Year at the 47th Japan Academy Film Prize Awards pada tanggal 8 Maret, Best Animated Film di the British Academy Film Awards pada tanggal 18 Februari, dan Golden Globe untuk kategori Best Animated Film  pada tanggal 7 Januari, serta berbagai penghargaan lainnya

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.